Pengajian Ramadhan, Yai Marzuki Ingatkan Pentingnya Adab

Selasa (21/6) lalu bertepatan dengan 16 Ramadhan 1437 H, bertempat di Home Theater Fakultas Humaniora berlangsung pengajian dalam mengisi Bulan Ramadhan tahun ini. Seperti tahun sebelumnya, Fakultas Humaniora mengundang Pengasuh Ponpes Sabilurrosyad Gasek sekaligus Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, K.H. Marzuki Mustamar, M.Ag. Menurut Wakil Dekan II, Dr. H. Akhmad Muzakki, M.A., kegiatan ini direncanakan dalam dua pertemuan yang digelar setiap Selasa siang. Kegiatan pengajian ini tidak saja dihadiri semua civitas akademik Fakultas Humaniora mulai pimpinan, Dosen, karyawan, dan mahasiswa tapi juga dihadiri oleh khalayak umum.

Dalam pengajian, Yai Marzuki, demikian beliau akrab disapa, menyampaikan adab seorang pendidik, Guru ataupun Dosen dan semua yang berkesempatan menjadi seorang pengajar. Materi tersebut beliau bacakan dari kitab karya K.H. Hasyim Asyari. Yai Marzuki menyampaikan empat hal yang merupakan adab seorang pendidik. Pertama, selalu merasa diawasi oleh Allah SWT. Kedua, senantiasa takut kepada Allah SWT dalam segala aktivitasnya. Ketiga, senantiasa tenang dan tidak mudah marah. Keempat, bersikap wirai yaitu menjaga diri dari perkara yang haram dan perkara yang syubhat.

Selain itu, beliau juga memberikan nasihat-nasihat guna pengembangan Fakultas Humaniora. "Humbud (Fakultas Humaniora, red) akan berbobot bila pengajarnya juga berbobot", tegasnya. Di akhir pengajian, ditutup dengan doa yang dimpimpin langsung oleh Yai Marzuki. [zl]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 260 guests and no members online