Ngaji Literasi di Perpustakaan Pusat

Civitas akademika Fakultas Humaniora hadir sebagai pembicara dalam acara Ngalit (Ngaji Literasi) yang diselenggarakan oleh Komunitas Penggiat Literasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (16/04). Acara yang bertempat di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang lantai I ini merupakan acara kedua dan berhasil menarik perhatian civitas akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Beberapa dosen Fakultas Humaniora juga ikut serta dalam acara ini, seperti Misbahus Surur serta Mundi Rahayu. Mereka adalah penggiat juga sekaligus pelopor acara Ngalit. Terbukti bahwa kompetensi yang dimiliki civitas akademik Fakultas Humaniora harus diapresiasi dan dipertahankan.

Acara Ngalit yang dikemas Nobar atau nonton bareng dan sekaligus membedah film yang disutradarai oleh Benni Setiawan yang berjudul “3 Hati 2 Dunia 1 Cinta”, dengan pembicara Kisno Umbar salah satu mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dan Mundi Rahayu, peneliti film sekaligus dosen Sastra Inggris berlangsung selama 13.00 - 16.30 WIB dan dihadiri puluhan mahasiswa baik dari dalam maupun lintas kampus, salah satunya seperti Universitas Negeri Malang.

Kegiatan ini juga menjadi ajang belajar untuk mahasiswa pencinta sastra yang ingin mengaplikasikan ilmu dalam bentuk karya sastra. “Menurutku luar biasa, bisa sharing dan belajar bersama dengan orang yang beda tingkatan dan jurusan yang beda pula. Walau sempat grogi, namun tetap diusahakan semaksimal mungkin supaya bisa memberi pemahaman analisi film dari sudut pandang linguistik” jelas Kisno Umbar.

"Selain itu, kegiatan Ngalit ini juga menjadi wadah yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk dapat lebih menggali potensi mahasiswa yang tentang literasi”, tambah Siti Nurdianti, salah satu pelopor komunitas Ngalit. Menurut, Faizuddin, Kepala Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, perpustakaan ini harus di jadikan sebagai rumah mahasiwa yang harus diramaikan dengan kegiatan-kegiatan akademik. Karena Hal Ini merupakan bentuk dukungan dari layanan perpustakaan. “Ayolah, perpus ini rumah bersama, ini juga rumah sampeansampean juga harus dukung,” tegas beliau pada mahasiswa. (rjz/Ir)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 151 guests and no members online