BSI Kenalkan Corpus

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris memiliki banyak manuver guna mencetak mahasiswa yang ahli dalam berbagai hal di bidang pendidikan, khususnya menjadi mahasiswa yang mempunyai jiwa meneliti yang besar. Acara demi acara pun digelar untuk merealisasikan hal itu. Terbaru, jurusan yang dikomandoi oleh Dr. Syamsudin, M.Hum ini memberikan workshop bertemakan Cognitive Semantic and Corpus Studies in Linguistics(8/12).

 

Para mahasiswa BSI dari major linguistics dan literature pun dijelaskan secara panjang lebar tentang cognitive semantics serta corpus studies yang disampaikan oleh Agwin Degaf, M.A. "Corpus sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena ini adalah suatu aplikasi yang dapat membantu untuk mencari makna kata yang sebenarnya, sesuai dengan penggunaannya," jelas mahasiswa alumni UGM ini.

Tak hanya itu, acara yang berlangsung selama kurang lebih lima jam ini juga membahas tentang terori kognitif, khususnya tentang semantics. Teori ini sendiri merupakan sebuah alat untuk penelitian, baik di bidang linguistics ataupun sastra. "Dalam bidang sastra, teori ini bisa untuk meneliti methaphor, yakni suatu kajian ilmu yang mempelajari tentang makna dari setiap ekspresi gaya bahasa" papar Agwin.

Dosen yang juga merupakan alumni BSI ini juga menambahkan, teori kognitif semantik merupakan Sistem pengalaman sistem konseptual dan struktur semantik yang dikodekan oleh bahasa," tegas dosen yang juga mengajar mata kuliah Semantics ini.

Mendengar penjelasan tersebut, para mahasiswa pun nampak antusias, hal tersebut benar saja karena workshop ini telah memberikan nuansa ilmu pengetahuan baru, khsusnya dalam penelitian."Dari sini kita bisa memgerti banyak bagaimana cara melakukan penelitian, khisusnya yang berhubungan dengan corpus, terang Nurul Jannah, salah satu mahasiswi BSI semester lima. (ir/rif)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 267 guests and no members online