Humaniora Kembangkan Kurikulum dan Silabus Berbasis KKNI

Sekali lagi, Fakultas Humaniora membuktikan diri untuk terus meningkatkan kualitas layanan akademiknya. Setelah workshop strategi pembelajaran bagi mahasiswa baru, Achievement Motivation Training, dan pelatihan profesi, Rabu (2/11), bertempat di Aula lantai 3, Fakultas Humaniora menyelenggarakan workshop Penyusunan Silabus Berbasis KKNI bagi seluruh dosen.

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau yang dikenal dengan KKNI merupakan penjenjangan capaian pembelajaran yang menyetarakan luaran bidang pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja dalam rangka pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Workshop kali ini dibuka oleh Dekan Fakultas Humaniora, Ibu Dr. Hj. Istiadah, M.A. pada pukul 09.00 WIB. “Workshop (Penyusunan Silabus Berbasis KKNI, red) ini adalah kelanjutan dari workshop kurikulum yang pernah diselenggarakan oleh Fakultas Humaniora sebelumnya” terangnya. Beliau mengingatkan bahwa penting bagi Fakultas Humaniora untuk menyusun kurikulum dan silabus berbasis KKNI. Hal ini dilakukan agar kurikulum Fakultas Humaniora memenuhi standar kurikulum yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Adapun pemateri dalam Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI ini adalah Ibu Prof. Dr. Utami Widiati dari Universitas Negeri Malang (UM). “Sudah saatnya Perguruan Tinggi di Indonesia merumuskan standar kualifikasi yang lebih jelas dan lebih terarah yang disepakati oleh semua pihak agar lulusan yang dihasilkan memiliki keilmuan yang tinggi, kemampuan yang maksimal di bidangnya dan profesional dalam menjalankan kinerjanya” jelasnya di hadapan dosen Fakultas Humaniora. Beliau juga memberikan masukan terhadap kurikulum yang telah disusun oleh jurusan Bahasa dan Sastra Arab dan jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Setelah penyampaian materi, Ibu Prof. Dr. Utami Widiati mempersilakan kepada bapak dan ibu dosen Fakultas Humaniora untuk memberikan umpan balik. Beberapa dosen tampak memberikan pertanyaan atau sharing pengalaman terkait penyusunan dan pengembangan kurikulum dan silabus.

Workshop Penyusunan Silabus Berbasis KKNI ini mendapatkan sambutan luar biasa dari para peserta. Banyak sekali peserta yang merasakan manfaat dan mendapatkan pengetahuan baru terkait bagaimana menyusun kurikulum dan silabus berstandar KKNI.

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 106 guests and no members online