Research is Easy

Melakukan penelitian saat ini bukanlah sebuah perkara sulit. Terlebih penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan dan sebagai follow up dari penelitian sebelumnya. Meski demikian, ada sesuatu yang harus diperhatikan, yaitu bagaimana penelitian yang diteliti tersebut bisa menunjukkan perbedaan dari penelitian sebelumnya, dan hal itulah yang menentukan bisa tidaknya hasil penelitian itu bisa diterima atau tidak. Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Ribut Wahyudi dalam acara Workshop Penelitian di Fakultas Humaniora (23/5).

Untuk itu diperlukanlah sebuah previous study atau pemahaman terhadap peneltian sebelumnya. ”Penelitian kita bisa dikatakan orisinil jika kita mampu menunjukkan sejauhmana penelitian kita berbeda dengan yang lain,” ujar dosen Bahasa dan Sastra Inggris ini.

Ribut juga menambhakna bahwa kemudahan dalam meneliti itu juga tergantung bagaimana seseorang peneliti memandang sesuatu yang ada di sekitarnya.”Tulislah yang ada di sekitar kalian, apalagi Indonesia itu banyak budaya. Jangan orang luar saja yang meneliti di negara kita,” terangnya.

Yang terpenting pula menurut Ribut adalah bagaimana tulisan yang ada di penelitian tersebut bisa meyakinkan para pembaca. Untuk bisa meyakinkan menurutnya adalah harus bisa mengaktualkan materi yang di tulis.”Seni meyakinkan itu penting, agar penelitian yang ditulis kalian bisa diterima oleh siapa pun,” saran dosen yang menyelesaikan studi master nya di Australia ini. (rif)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 106 guests and no members online