Penelitian adalah Proses

Dalam melakukan sebuah penelitian, banyak tahapan yang harus dilakukan oleh seorang peneliti, termasuk ketika penelitain tersebut sudah selesai. Hal itu dikarenakan penelitian merupakan sebuah proses panjang yang harus terus dikembangkan oleh peneliti. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Drs. H.Wahidmurni, M.Pd Ak dalam acara workshop penelitian Fakultas Humaniora (22/4).

Menurutnya, penelitian dikatakan sebagai proses karena di dunia ini tidak ada sebuah penelitian yang sempurna, oleh karena itu diperlukanlah sebuah tahapan-tahapan yang menjadi follow up dari sebuah penelitian.”Begitu pun bagi peneliti, khususnya yang baru. Penelitian awal memang kurang bagus, namun jika dilakukan secara terus menerus dengan proses yang baik maka hasilnya pun juga akan lebih baik dari sebelumnya,” ungkapnya.

Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tersebut mengunkapkan bahwa penelitian yang baik adalah penelitian yang bisa mengungkap fenomena yang terjadi di masyarakat. Sehingga bisa membantu orang dari yang tidak tahu menjadi tahu.”Yang harus diteliti adalah kesenjangan yang terjadi antara teori yang ada dengan fakta yang ada di masyarakat,” paparnya.

Acara yang bertempat di Aula tersebut merupakan upaya dari Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Humaniora untuk memberikan pencerahan tentang penelitian kepada para mahasiswa, baik yang sedang mengerjakan skripsi ataupun yang akan melakukan skripsi. “Kami ingin membantu teman-teman yang masih galau dengan skripsi mereka,” terang Moh. Iqbal Bulgini, ketua Dema Fakultas.

Senada dengan Iqbal, Dr. Syafiyah, MA mengatakan bahwa sebuah pematik bagi mahasiswa Fakultas untuk bisa lebih mencintai penelitian.”Acara ini bukan hanya untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, namun untuk semua agar mereka bisa suka dan senang untuk melakukan penelitian,” terang Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama ini. (rif)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 88 guests and no members online