Semangat Mahasiswa BSI dalam Penelitian

Semakin banyaknya dosen dan alumni jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang bergabung dan ikut serta dalam bidang penelitian, baik itu untuk kalangan nasional ataupun internasioanl, ternyata menjadi sebuah pematik untuk para junior mereka. Hal tersebut bisa dilihat dari animo mahasiswa BSI, khususnya dari mahasiswa semester empat hingga para mahasiswa semester akhir .

Terbaru adalah ikut sertanya para mahasiswa dari semester empat dan enam yang ikut serta dalam. Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura,( Bahasa, Sastra dan Budaya: Kaitannya Dengan Isu-Isu Global). Tidak hanya mengikuti seminar saja, mereka juga berpartisipasi dengan membawa hasil penelitian mereka.”Beberapa dari kami sudah mengirimkan hasil penelitian, dan jika lolos nanti akan dipresentasikan di sana,” ujar Alfina Zulfa, mahasiswi semester enam.

Para mahasiswa yang berjumlah sekita 20 orang ini, yang kesemuanya berasal dari jurusan BSI, saat sebagian besar sudah mengirimkan abstrak mereka. Setelah abstrak dan penelitian mereka diterima, maka mereka berhak untuk melakukan presentasi penelitian mereka pada tanggal 10 Juni nanti.”Kami berharap, kesemuanya bisa keterima dan berpartisipasi di sana,” kata M. Rosyid, mahasiswa yang juga duduk di semester enam.

Terpisah, para mahasiswa semester akhir juga tidak mau kalah dengan adik-adiknya. Mahasiswa yang berjumlah delapan orang tersebut dijadwalkan akan mengikuti program Pre-Service English Teacher Camp yang diselenggarakan oleh Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat (U.S. Embassy), Jakarta.

Para mahasiswa yang juga tengah sibuk mengerjakan tugas akhir ini, berharap bisa lolos, dan bisa menimba banyak ilmu dengan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.”Seleksinya memang ketat, namun kami berharap kesemuanya bisa lolos dan ikut ke Bandung,” papar Wahyu Tejo Mulyo, mahasiswa semester VIII.

Dengan mengikuti program yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester VIII yang memiliki komitmen dan motivasi tinggi menjadi guru Bahasa Inggris selesai kuliah ini, sekretaris jurusan, Miftahul Huda, M.Pd menyatakan kebanggaannya kepada para mahasiswa yang sangat bersemangat mengikuti kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan di Bandung pada 1-13 Juni 2015 mendatang. ‘’Sebagaimana surat resmi dari RELO, dalam program ini mahasiswa memperoleh kesempatan mengikuti semua acara yang dikemas dalam bentuk seminar dan experiential learning,’’ paparnya.

Selain itu, kegiatan tersebut bisa menambah pengalaman mereka, khususnya kesempatan untuk berkomunikasi dengan native speakers dan para expert teachers. ‘’Karena itu, forum ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa untuk menjadi pendidik,” tambahnya. (rif)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 73 guests and no members online