Mahasiswa Humaniora Riset di Luar Negeri

Singapura - Dua mahasiswa Fakultas Humaniora melakukan penelitian di National University of Singapure (NUS), hal ini merupakan gebrakan fakultas Humaniora dalam mengembangkan sumber daya mahasiswa khususnya dalam bidang penelitian. Fakultas yang dikukuhkan sebagai fakultas terbaik oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam melakukan kerjasa sama luar negeri dan fakultas terbanyak dalam melakukan seminar internasional, selalu membuktikan dengan kerja nyata. “kerja sama akan selalu kami lakukan, dan pengiriman dua mahasiswa ini, adalah gebrakan nyata untuk menguatkan mahasiswa dalam penelitian, agar mereka lebih siap dalam berkompetisi dengan dunia internasional tidak hanya nasional saja” demikian kata Hj. Syafiyah, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Penelitian yang dilakukan oleh Ahmad Ihsanuddin (Jurusan Bahasa dan sastra Arab) dan Nisa Ilma Mukti (Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris) atas biaya Fakultas Humaniora, yang sebelumnya dilakukan seleksi penerimaan proposal, yang kemudian dipilih proposal yang terbaik serta presentasi di hadapan dosen ahli. Kompetisi yang diikuti dua mahasiswa Humaniora ini adalah termasuk kegiatan Beasiswa Riset Luar Negeri. Sebelum kegiatan beasiswa riset luar negeri ini, juga diadakan penelitian kompetitif mahasiswa fakultas Humaniora, dan bagi peneliti terbaik diberi penghargaan oleh Fakultas.

Beasiswa Riset Luar Negeri direalisasikan dengan mengirimkan mahasiswa ke berbagai perguruan tinggi terkemukan di ASEAN selama dua minggu untuk melakukan studi pustaka dan kajian metodelogi penelitian yang relevan dengan penelitian. “Di sini (NUS, red) luar biasa, saya dibimbing oleh ahlinya, dan mereka membimbing dengan baik, setiap apa yang saya tanyakan, mereka menjawab dengan lengkap, dan juga pelayanannya sangat baik, mulai dari perpustakaan, fakultas dan lainnya, dan perpustakaanya sangat lengkap” ungkap Ahmad Ihsanuddin.

Dr. Hj. Syafiah ketika dikonfirmasi terkait dengan tujuan pengiriman mahasiswa untuk riset keluar negeri, kata beliau tujuan riset untuk memperluas wawasan dan meningkatkan pemahaman teoritik yang berkaitan dengan bidang kajian penelitian, menguatkan metodelogi penelitian yang relevan dengan bidang kajian penelitian, dan untuk meningkatkan kemampuan menyusun rancangan penelitian yang baik dan berkualitas.

Dan riset keluar negeri ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya, tapi dengan beberapa prasyarat, mahasiswa yang berangkat minimal semester tujuh, dan IPK minimal 3.50, dan tentunya proposal yang diajukan benar-benar berbobot dan layak untuk ditindak lanjuti. [hlm]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 60 guests and no members online