Festival Budaya Fakultas Humaniora 2014

Budaya adalah satu warisan yang patut dan harus kita jaga kelestariannya. Budaya tidaklah satu rangkaian huruf yang tersusun tanpa makna. Justru budaya memiliki makna yang sangat dalam dalam pembahasan di bangku perkuliahan mahasiswa. Terlebuh untuk mahasiswa Fakultas Humaniora, istilah "kacang lupa kulitnya" akan sangat cocok untuk kita sandang ketika kita melupakan keanekaragaman budaya di negeri tercinta ini.

Kemarin tepatnya pada hari Sabtu (8/11) di Home Teater Fakultas Humaniora diadakan pembukaan acara Festival Budaya 2014. Acara yang dibuka oleh Bapak Ahmad Cholil sebagai wakil dari Dekan Humaniora ini merupakan agenda rutin untuk DEMA Fakultas Humaniora. Pembukaan acara yang kemudian dilanjutkan dengan lomba Baca Puisi dan Aransemen Lagu Daerah.

Acara yang memiliki tema besar "Globalisasi Kearifan Lokal Nusantara" ini mencantumkan berbagai lomba seperti Aransemen Lagu Daerah, Puisi, Seni Tari, Selfie Budaya Indonesia dan Cerpen serta Artikel. Selain itu ada beberapa rangkaian agenda yang mengiringi Festival Budaya tahun ini, seperti Seminar Budaya oleh Prof Dr. Abdul Hadi W. M tanggal 12 November dan Bedah Buku Atlas Wali Songo oleh Agus Sunyoto dengan Pembanding Dwi Cahyono (Penggagas MTD) tanggal 13 November. Selain itu juga ada Bazar Budaya yang digelar oleh panitia Festival Budaya yang dimeriahkan dengan berbagai kreativitas seni MABA Fakultas Humaniora (BSA dan BSI).

Sebagaimana yang dikatakan oleh Firmanda Taufiq. ketua pelaksana Festival Budaya 2014, maka tepatnya pada hari Senin sampai Jum'at diadakan bazar buku dan makanan di depan Gedung SC yang dimulai pada pukul 07.00-15.00. Dan untuk koleksi bukunya pun juga bermacam-macam dan dari berbagai penerbit. Pameran lukisan dari para seniman Kota Malang pun turut mengisi acara bazar budaya ini.

Untuk acara puncaknya akan diadakan pada tangal 15 November 2014, tepatnya pada hari Sabtu besok. Acara ini akan dimeriahkan oleh penampilan dari Nunik (Musik Klasik Universitas Negeri Malang). Selain itu acara juga akan dimeriahkan oleh penampilan para juara dari berbagai cabang lomba sekaligus pengumuman pemenang lomba.

Sebuah suguhan yang sangat menakjubkan dan luar biasa. Suguhan yang mengantarkan kita pada kesadaran untuk senantiasa menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. "Sebagai pemuda Indonesia maka memang seharusnya kita melestarikan dan mengapresiasi kearifan lokal budaya kita, karena kalau bukan kita siapa lagi? Terlebih mahasiswa sebagai Agent of Change" tutur Firmanda dengan semangat. [r2]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 66 guests and no members online