BSA: Lomba Taqdimul Qishah di FJA 2014

Sudah menjadi identitas HMJ BSA untuk selalu aktif dan berpartisipasi dalam kreasi dan memajukan SDM mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab. Sebagaimana agenda yang telah berjalan pada tahun 2013 kemarin, maka tahun ini juga FJA telah diadakan oleh HMJ BSA. Kegiatan ini meliputi banyak cabang perlombaan yang terdiri dari dua kategori yaitu Kategori Nasional (Mahasiswa) terdiri dari: Lomba Debat Bahasa Arab, Menyanyi Lagu Arab. Baca Puisi Arab, Essay Arab dan Baca Berita Arab. Tingkat Nasional (Umum) terdiri dari Kaligrafi, Pidato Arab, MQK dan Dongeng Arab.

Salah satu lomba yang menita perhatian audience adalah Taqdimul Qishah (Dongeng Arab). Lomba yang diikuti oleh peserta tingkat umum ini mengambil beberapa tema yang unik dan lucu, diantaranya adalah: Spongebob, Naruto, Masya and The Bear dan Doraemon.

Dengan gaya dan wajah penuh ekspresif, para peserta pun sontak membuat penonton terhibur, tidak terkecuali para Juri lomba, Ustad Halimi Zuhdi dan Ustadzah Laily Fitriani. Dengan piawai para peserta pun menjiwai peran mereka sebagai tokoh-tokoh kartun yang digemari oleh anak-anak tersebut. Lomba ini memang cukup unik untuk diikuti, karena para pesertanya juga tidak hanya berasal dari SMA/ MA saja, melainkan dari mahasiswa.

Tapi salah satu yang tidak kalah menarik adalah mental siswa/siswi yang sudah berani tampil dan bersaing dengan mahasiswa. Meskipun sangat berjarak jauh namun mereka tetap semangat untuk mengikuti lomba tersebut. "Awalnya nervous mbak pas tau kalau ternyata pesertanya itu juga dari mahasiswa, tapi tetep semangat koq karena dukungan senior saya mbak" tutur Muthoharoh salah satu siswa MA Al-Hikmah 2 ini dengan wajah merona setelah ia tampil memuaskan. Muthoharoh tampil dengan tema Masya and The Bear. Bak Masya ia pun aktif dan atraktif ketika memeragakan takoh Masya.

Masya and The Bear yang amat lucu dan menjengkelkan, maka peran ini pun sangat cocok dan atraktif ketika diperankan oleh beberapa peserta perempuan, termasuk Muthoharoh dan lain-lain. Nakal, lucu, menggemaskan, kreatif, menjengkelkan dan imut adalah karakter yang harus mereka perankan ketika menjaji sosok Masya. Selain membutuhkan tenaga akstra kuat untuk terus bergerak sambil memerankan beberapa tokoh, maka kreativitas pun seolah patut untuk diperhitungkan. Kalau semuanya bisa balance, maka akan menjadi tontonan yang sangat menarik dan spektakuler. [r2]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 94 guests and no members online