Semangat Perbedaan dalam Osjur BSI

Perkembangan bahasa akan sangat mempengaruhi perkembangan peradaban suatu bangsa. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang telah mengglobal dan mendunia. Dengan semangat pluralitas kebangsaan dan keragaman budaya. HMJ BSI menggelar osjur dengan tema “Harmony in a frame of diversity” yang berarti keselarasan harmoni dalam bingkai perbedaan. Orientasi jurusan ini bertempat di Kebun Jeruk Bedengan 6 - 7 September 2014.

Diskusi tentang kebinekaan bangsa mengawali orientasi dengan pemateri Ach. Dlofir Zuhry alumnus University of Queensland. Kemudian, mahasiswa baru BSI dimanjakan dengan kajian lintas budaya dengan foreigners dari Polandia dan Australia . Kajian berbahasa inggris ini dimaksudkan agar maba mampu menggantungkan mimpi untuk berkeliling dunia dan memahami peradaban-peradabannya yang beranekaragam serta mampu meningkatkan skill kebahasa inggrisan mereka. Riuh tawa dan gelak canda mewarnai tatkala turis cantik tersebut menyebutkan budaya-budaya unik di negaranya.

Keindahan sastra inggris dengan nilai estetiknya tersaji kala maba membacakan karya-karya agung para sastrawan. Puisi-puisi Noam Chomsky, Ernest Hemingway, Agatha Criestie dan sastrawan lainnya membahana menelusuri lorong-lorong pepohonan. Dengan ini, maba diharapkan mampu mewarisi sikap kritis yang membawa mereka menjadi seorang ilmuwan sastra yang ulung.

Dalam osjur ini, maba juga diharapkan mampu menjalin keakraban satu sama lain. Permainan-permainan yang dikemas dalam outbond menambah keseruan dan semangat peserta. Pada malam harinya, pesta seni digelar dengan banyak penampilan mulai drama, musikalisasi puisi, gitar akustik dll menambah semarak keheningan malam.

Dalam sambutannya, Syamsudin M.Hum, sekretaris jurusan, mengatakan bahwa dalam menjalani osjur ini, maba harus bersikap proaktif, ikhlas dan sabar sebagai representasi mahasiswa yang ulil albab. “Welcome to English Department, we’re proud of you”, kata beliau. Di akhir acara, Muhammad Rosyid HW, ketua HMJ BSI, berharap bahwa osjur ini mampu mencetak mahasiswa yang kritis, peka terhadap sekitar dan tentunya cerdas dalam berbahasa inggris.

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 83 guests and no members online