ICIC: Berbagai Wajah dan Pandangan tentang Sirah Nabawiyah, tapi Tetap Berislam Rahmatan lil Alamin

Malang - Acara pembukaan Konferensi Internasional (ICIC) yang dilanjutkan dengan Plenary session 1 yang sukses besar, kemudian hari berikutnya, Sabtu (30/8/2014) dilanjutkan dengan Plenary Session 2 dengan pemateri Prof. Dr. Imam Suprayogo dari Indonesia dan Dr. Mohseen Zangeneh dari Iran, yang dimoderatori oleh Dr. Sutaman, MA. Imam Suprayogo dalam pemaparannya menjelaskan tentang pentingnya menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam berbagai bidang, dan integrasi keilmuan di UIN Malang juga berangkat dari kajian-kajian sirah nabawiyah serta bagaimana menjadikan al-Qur’an sebagai kiblat untuk mengembangkan keilmuan, mahasiswa tidak hanya dibekali dengan dzikir dan bagaimana berdzikir, tapi bagaiama ia juga mampu berfikir dan kreatif sehingga dapat melahirkan ketajaman ilmu, dan mampu menjadi ulama yang profesional dan profesional yang ulama. Sedangkan Dr. Mohsen banyak mengkaji tentang bagaimana menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam menghadirkan peradaban Islam.

Setelah acara plenary sessiona selesai pada jam 10.30 wib, dilanjutka dengan pararel sesion 1dengan pemateri : Prof. Dr. Shaleh Hasan almasluk, Aan Rukmana, MA., Abdul Mukti Thabrani, Dr. Khalfan Muhammad Khalfan Al-mundziry, Dr. Ahmad bin Muhammad Usman, Muhammad Alauddin, Prof. Dr. Naji Musthafa., Samsul Arifin, Prof. Dr. Abdurrahman Abdul karim AlIbrahim, Dr. Muhammad ibrahim Al-Syarini Ahmad Saqar, M. Musthafa, S.Fil., MA. Setelah Ishoma pada jam 12.00-13.00 dilanjutkan kembali Pararel Sessioan 2dengan pemateri; Prof. Dr. Muhammad Dhafir, Dr. Muhammad bin Abdurrahman, istianah Abu Bakar, M.Ag., Dr. Hammad bin Sulaiman (oman), Prof. Dr. Akram rusyan, Dr. Burhanuddin Amak (Indonesia), triyo Supriyanto dan Wan Hasman Wan mamat, Andik Wahyun Muqoyyidin, Fahmi gunawan, Diah handayani, M.Si., Supriayatin, Hudriyah mundzir, Akhmad Rizqon, dan Umar Werfete, Muh. Ikhsan. Dan Pararel Sessioan 3 dengan pemateri : Dr. Abdullah bin Mansur, Dr. Qosim Hasan, Zeid B. Smeer, Lc., MA., Lutfi rahmatullah, Dr. Musthafa Farj, Dr. Ali bin Ma’yuf, Ibrahim bin Ali, Nor Salam, Efita Yulianti, M.Pd., Khairul hadi, Miftahul jannah, M. Thoriqul Chair, Nur Kholis, Zulfa Jamile, Tungga bhimadi, Rizqa Ahmadi, Lc., MA.

Acara plenary session dan pararel session sangat sukses, hal ini dapat dilihat dari kehadiran parapeserta disetiap ruangan, banyaknya peserta yang mengikuti acara presentasi tersebut menambah antusiasme pemateri dalam menyampaikan makalahnya. Acara resmi tersebut ditutup dengan ramah tamah, yang dipandu oleh Dr. Sutaman, acara ini sangat gayeng sekali, hal ini tidak lepas karena kreatifitas panitia dan pemadu yang cukup jeli mengambil hati para peserta terutama yang dari Timur Tengah, di acara ini, setaip negara dimintak untuk menyampaikan kesan dan pesannya tentang seminar Sirah Nabawiyah (ICIC) dan tentang Indonesia. Dan dari sekian peserta seminar merasa sangat beruntung berada di acara Sirah Nabawiyah yang digagas Oleh fakultas Humaniora, selain acaranya luar biasa juga panitia yang sangat sabar, ramah dan menyenangkan.

Keesokan harinya, Ahad (31/8/2014) diadakan city tour ke berbagai tempat di Malang, seperti Wisata Alam Coban Rondo, Selecta dan beberapa tempat lainnya[]. Hlm.

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 62 guests and no members online