Konferensi Internasional “Sirah Nabawiyah”, Menghadirkan Peserta dari Berbagai Negara

Malang - Konferensi Internasional “Sirah Nabawiyah” (ICIC) yang dilaksanakan oleh Fakultas Humaniora UIN Maulana malik Ibrahim Malang sukses besar, hal ini dapat dilihat dari kehadiran parapeserta yang berasal dari berbagai negara, seperti; Saudi Arabia, Kesultanan Oman, Iran, Mesir, Malaysia, Sudan, Libia, Irak, Irian Jaya, dan tentunya peserta dari Indonesia, mereka dari berbagai latar belakang yang berbeda, ada yang dari kampus, sekolah, pondok pesantren, dan halaqoh-halaqo yang konsen mengkaji Sirah Nabawiyah.

Konferensi Internasional ini diawali dengan pembukaan pada hari Jum’at (29/8/2014) di Aula Rektorat lantai 5, dalam pembukaan ini diawali dengan penampilan dari grup shalawat JDFI, kemudian beberapa sambutan, sambutan pertama oleh ketua Panitia M. Faishol Fatawi, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta dari berbagai negara, serta panitia yang telah bekerja keras, dan kepada seluruh pihak yang mendukung acara tersebut. Kemudian sambutan berikutnya oleh Dekan Fakultas Humaniora, Istiadah, dalam sambutannya ia menyatakan kegembiraannya yang luar biasa, karena acara seminar ini mampu menghadirkan para akademisi dari berbagai belahan dunia, serta para pakar dan pemerhati sirah nabawiyah, selanjutnya sambutan dari ketua Waqaf Sirah Nabawiyah Sholeh dari Saudi Arabiyah, dan kemudian acara ini dibuka oleh Rektor UIN Malang, Mudjia Rahardjo dan kemudian ditutup dengan doa oleh Kyai Chamzawi.

Acara yang dikemas apik itu, mampu membuat para peserta dari luar negeri dan dalam negeri berdecak kagum, selain bahasa yang digunakan dari awal sampai akhir adalah bahasa Arab dan Inggris, juga ruangan yang tertata rapi serta para peserta yang membludak dari berbagai kalangan baik dosen, guru, mahasiswa dan para kyai. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan seminar pertama, dengan pemateri I, Prof. Dr. Sholeh Ahmad Al-Dhauhi dari Saudi dengan tema “ al-ra’yu al-akhar fil mujtamak almadani ‘inda rasul” dan pemateri 2 Hojjad ibrahimian, P.hD dari Iran. Sedangkan sebagai pemateri adalah dosen Humaniora, Halimi Zuhdy. Seminar ini berlangsung sampai jam 10.30, dengan berbagai pertanyaan dan diskusi yang sangat menarik, baik yang terkait dengan fenomena akhir-akhir ini seperti ISIS dan yang lainnya. Dan acara ini dilanjutkan keesokan (30/8/2014) harinya dengan 50 pemakalah dari berbagai negara yang dibagi dengan empat sesion.

Setelah acara usai, salah seorang peserta dari kalangan mahasiswa menemui Rektor yang lagi asyik berbicara dengan dosen dan panitia, “Pak, saya sangat bangga kuliah di sini, dan saya tidak salah pilih, luar biasa, terima kasih ya Pak, acara ini mampu memotivasi saya untuk belajar bahasa Arab dan Inggris, dan selalu menambah wawasan”. Senyum Bapak Rektor dan beberapa panitia itu mengantarkan kepergian mahasiswa yang lagi riang gembira itu. [HLM]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 153 guests and no members online