BSA MENGAJAR 12: Workshop Media Pembelajaran Bahasa Arab

Probolinggo. “Al-Arabiyah sahlah sahlah jiddan”demikian teriakan peserta workshop media pembelajaran bahasa Arab di Probolinggo, semangat yang membara dari guru-guru bahasa Arab tersebut sangat terlihat sekali ketika para trainer BSA Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang memuat permaian bahasa Arab yang menyenangkan. Bahasa Arab yang selama ini dianggap sulit, menjenuhkan, dan bahkan menakutkan baik oleh para guru dan siswa, nyatanya sangat mudah dan menyenangkan, hal tersebut dibuktikan oleh Tim Kreatif dari Bahasa dan sastra Arab dihadapan para dosen dan guru di INZA Probolinggo. Acara tersebut berlangsung pada hari Sabtu (21/6/2014) hasil kerjasasama antara Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Malang dengan PBA Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZA) Genggong Probolinggo.

Tim Khusus yang diterjunkan oleh Kajur, Faisol Fatawi, ini untuk memberi semangat kepada guru-guru bahasa Arab di Indonesia, yang beberapa bulan ini masih membina beberapa guru di Jawa Timur dan Bali, dan beberapa bulan kedepan menurutnya, akan dilakukan diberbagai tempat di Indonesia bahkan Kalimantan sudah ada yang mengajukan, dan menurunya, yang sedikit menjadi kendala untuk melakukan di beberapa tempat yang jauh, adalah kurangnya pendanaan, karena selama ini yang dilakukan oleh BSA adalah jihad, bukan berangkat dari proyek, murni sebagai pengabdian. Maka seandainya ada beberapa pihak yang memberikan sumbangan sukarelawan untuk dapat membantu terciptanya pemberdayaan guru bahasa Arab lewat pemberiaan dana, maka menurutnya, sangat senang sekali, sehingga ruang gerak Tim Trainer dari BSA dapat melampaui beberapa pulau di Indonesia yang masih sangat membutuhkan sentuhan motivasi dari dari BSA UIN Malang.

Workshop ini, diawali dengan sambutan oleh Ketua Jurusan PBA INZA Probolinggo, Muhammad Sugianto, M.Pd.I, kemudian ketua Jurusan BSA Humaniora UIN Malang, dan berikutnya adalah Rektor INZA yang diwakilkan kepada Pembantu Rektor I, Haqqul yakin, M.Ag yang dalam sambutannya menyatakan sangat gembira atas kerjasa dengan UIN Malang yang diwakili oleh BSA fakultas Humaniora, dan kerjasasama seperti ini, dapat dilakukan setiap tahun.

Beberapa materi yang disampaikan dalam workshop ini adalah pembuatan media bahasa Arab berbasis IT, langkah-langkah kreatif menciptakan media,sedagkan beberapa pamateri yaitu; M.Pd, Zawawi, M.Pd, Hafidh Roziki, M.Pd, Arif Rahman Hakim, P.Md., Halimi Zuhdy, dan Anas, SS. .(Hlm)

(Yang ingin melakukan kerjasama dengan Bahasa dan Sastra Arab dalam peningkatan kompetensi guru bahasa Arab di Jawa Timur dan Indonesia, maka menghubungi nomor berikut: 08156533446, an. Faishol).

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 191 guests and no members online