Jurnal LiNGUA: Indeksi Scopus, Menuju Jurnal Internasional

Jakarta – Jurnal di Indonesia mulai bergerak maju dan menampakkan perkembangan yang positif, dari hasil pantauan wartawan Kabar Humaniora dari berbagai media, bahwa jumlah jurnal di Indonesia sekitar 4000 jurnal, namun tren positif tersebut tidak diimbangi dengan mutu yang baik yang sesuai dengan peraturan terbitan berkala ilmiah yang sudah ditetapkan oleh dikti, sehingga masih banyak jurnal yang abal-abal, yang belum memenuhi standart jurnal nasional, dan yang sangat mengejutkan jurnal yang terakrediasi masih sangat minim, apalagi beberapa tahun kedepan akan ada kebijakan jurnal berkala ilmiah secara elektronik yang juga akan diakrediatsi nasional atau internasional yang masuk dalam indek semisal scopus dan lainnya.

Dari ribuan jurnal yang ada di Indonesia, dengan kualitas yang masih minim, maka di Asian posisi jurnal di Indonesia masih jauh tertinggal dari Malaysia, Thailand, Singapura dan beberapa negara lainnya. Maka dalam upaya meningkatkan jurnal di Indonesia Ditlitabmas Ditjen Pendidikan Tinggi bekerjasa sama dengan ITB Bandung mengadakan workshop “Indonesia journal Editor Workshop: How to Get Your journals Indexed in Scopus”, acara ini diharapkan dapat membawa jurnal Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara yang ada di Dunia. Acara ini berlangsung dua hari (17-18/6/2014) di Hotel Millinium Sirih Jakarta, yang dihadiri langsung oleh Elsevier yang khusus menangani Scopus. Dari beberapa jurnal di Indonesia, jurnal LiNGUA termasuk peserta yang diundang oleh panitia ini, yang diwakili oleh Ketua Redaksi Jurnal LiNGUA, Halimi.

Acara yang berlangsung dua hari ini dihadiri oleh 81 peserta yang mewakili jurnal masing-masing, dan jurnal yang mendapatkan kesempatan tersebut akan dibina oleh tim DIKTI, untuk menjadi jurnal yang bertaraf internasional. (HLm)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 158 guests and no members online