Cultural Studies Extended Class Sebagai Sarana Mahasiswa BSI Kenali Musik

Kuliah tidak harus berada di dalam kelas dengan mengkaji tulisan-tulisan dan buku tebal. Kurang lebih, hal itu yang ingin dibuktikan oleh mahasiswa BSI, khususnya yang mengambil mata kuliah Cultural Studies di semsester ini. Jum’at (13/06) kemarin, mereka mengikuti perkuliahan Cultural Studies di tempat dan dengan bentuk yang berbeda. Kali ini, kuliah Cultural Studies dilaksanakan di Home Theatre dengan mendatangkan narsumber yang merupakan para praktisi musik yang tergabung dalam kelompok musik Splendid Dialog. Bebrapa praktisi musik yang hadir diantaranya Charles Jalu, Ugi Arbanat, Endri, Bejo, Agus dan Christ.

Acara yang digelar sejak pukul 19.00-21.00 ini dikemas dengan konsep perkuliahan yang menyenangkan. Bapak Dr. Sakban Rosidi, M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah Cultural Studies memimpin kegiatan ini dengan luwes dan interaktif. Mahasiswa diajak untuk menerima materi tentang musik dari para narasumber melalui dialog yang serius namun santai. Selain menyampaikan beberapa pengetahuan musik, para narasumber juga memainkan beberapa jenis musik sebagai bentuk perkenalan musik kepada para mahasiswa. Musik yang dicontohkanpun tidak hanya berupa musik modern, akan tetapi juga musik klasik dari beberpa periode.

Kegiatan yang dikemas dengan nama Cultural Studies Extended Class ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada musik. Musik yang merupakan salah satu komponen budaya tidak hanya cukup untuk dikaji melalui tulisan, akan tetapi perlu ditunjukkan dalam bentuk aplikasi langsungnya. Selain memperkenalkan musik, kegiatan ini juga ditujukan untuk memperkenalkan industrialized culture dan popular culture dari para praktisi. “This is our introduction to popular and industrialized culture” ujar bapak Sakban Rosidi.

Selain materi tentang musik, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan lantunan musik dari Splendid Dialog dan Telas Ria. Beberapa lagu yang sempat dibawakan diantaranya when I was proposing You, Gila dan Gila, Happpy Indonesia dan beberapa lagu lainnya. Di penghujung acara, bapak Sakban memimpin doa yang juga diiringi dengan musik oleh Splendid Dialog. (al)

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 88 guests and no members online