Digitalisasi Manuskrip Kuno Ala Mahasiswa BSA

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui". itulah perumpaman yang tepat untuk mahasiswa BSA angkatan 2011. Kemarin siang (13/06/2014) tepatnya di Fakultas Humaniora mereka mendigitalisasi manuskrip kuno sekaligus deskripsinya sebagai tugas akhir semester 6 mata kuliah Filologi. Selain menjadi tugas akhir perkuliahan semester 6 pastinya mereka juga bisa memiliki satu karya digitalisasi sebuah manuskrip kuno yang sangat langka keberadaannya. Sekali mengerjakan sesuatu, maka dapat menyelesaikan pekerjaan lain dan mendapat beberapa keuntungan sekaligus.

Ustad Faisol sebagai pengampu mata kuliah Filologi membagi tiap kelas menjadi 7 kelompok dan untuk manuskrip yang akan didigitalisasi maka beliau menyediakan dari Fakultas dan juga koleksi beliau sendiri. Mahasiswa pun banyak yang berbondong-bondong ke Fakultas untuk mengerjakan tugas ini secara berkelompok. Untuk hari pertama ada 3 kelompok yang mengerjakan di Fakultas.

Tugas ini diberikan oleh Ustad Faisol sebagai awal dari pergulatan mata kuliah yang baru-baru ini dimunculkan di jurusan BSA. Lagi-lagi BSA memberikan gebrakan di "Kampus Hijau" ini. Sebagaimana cita-cita Ustad Faisol untuk Jurusan BSA menjadi "Islamic Manuscript Studies Center" . Dengan ini beliau berharap semua mahasiswa bisa memiliki ketertarikan lebih dalam untuk meneliti manuskrip kuno. Hal ini pun disambut baik oleh para mahasiswanya. "Kita bercengkerama lagi dengan manuskrip" tukas Rini, salah satu mahasiswa BSA dengan senyum yang lebar. (r2)

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 171 guests and no members online