BSA MENGAJAR 11: Implementasi Kurikulum 2013

Jombang. “tidak ada kata lelah untuk khodim Lughah Arabiyah” demikian kata Kajur Bahasa dan Sastra Arab Fak. Humaniora UIN Malang ketika perjalanan menuju kota santri, Jombang. Baru berselang beberapa hari dari Pulau Garam, Madura, tepatnya di INSTIKA An-Nuqayah Sumenep, hari ini, Sabtu (31/5/2013) TIM BSA Humaniora UIN Malang bekerjasa dengan MGMP Bahasa Arab MA/MAN se Jombang mengadakan BIMTEK Kurikulum bahasa Arab 2013 dan peningkatan kompetensi guru bahasa Arab se Jombang.   Pendampingan dan pelatihan seperti ini bukan pertama kali dilakukan oleh BSA, tapi sudah puluhan kali di berbagai daerah di Jawa Timur dan Bali, seperti di Banyuangi, Probolinggo, Gersik, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kediri, Blitar, dan Lamongan, Provensi Bali dan Madura, dan beberapa bulan ke depan sudah teragendakan di kalender roadshow BSA, seperti Jember, Propolinggo (kali kedua), Tuban, Kalimantan dan beberapa tempat lainnya.

Keterlambatan TIM BSA ke tempat pendampingan, tidak menyurutkan para peserta yang sudah menunggu beberapa jam, mereka sangat antusias menyambut kedatangan para nara sumber dari UIN Malang, terbukti dalam sambutan ketua GPMP bahasa Arab Jombang, menyambut gembira dan berterima kasih atas kedatangan dan kesediannya TIM BSA untuk shering dan mengadakan bimbingan kurikulum 2013 kepada guru-guru bahasa Arab MA se Jombang, yang menurutnya kurikulum 2013 masih menyisakan banyak PR, di antaranya; silabus yang masih belum tersedia, RPP yang belum tervalidasi atau masih belum disempurnakan, dan belum lagi bagaimana mempraktekkan kurikulum bahasa Arab 2013 kepada siswa, hal tersebut menjadi titik fokus TIM BSA untuk shering dengan para guru se Jombang.

Pamateri pertama disampaikan oleh Dr. H. Halimi Zuhdy, M.Pd., MA tentang implementasi kurikulm 2013, ia membahas tentang latar belakang perkembangan kurikulum, rasionalisasi perkembangan, tantangan perubahan kurikulum, penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola, dan bagaimana merencanakan RPP., ia tidak hanya menjelaskan tentang kurikulum 2013 tetapi ia bersama dosen-dosen lainnya; Arif Rahman Hakim, P.Md., Hafid Roziki, M.Pd, Tamimullah, M.Pd, Zawawi, M.Pd, M. Sholahuddin, M.Pd, Anas, SS mempraktekkan langsung pembelajaran bahasa Arab berbasis saintific kurikulum 2013.

Pada kesempatan terakhir, Kajur BSA, M. Faishol menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang sudah dilakukan dengan MGMP Bahasa Arab MA/MAN se Jombang, dan beliau berharap kerjasa yang telah dibangun tidak hanya berhenti sampai pada BIMTEK Kurikulum 2013, tapi dapat dilanjutkan dan ditingkatkan, karena menurutnya, ruh madrasah dan pesantren adalah bahasa Arab, jika ruhnya tidak diperhatikan maka jasadnya suatu saat menjadi tidak ada artinya. .(Hlm)

(Yang ingin melakukan kerjasama dengan Bahasa dan Sastra Arab dalam peningkatan kompetensi guru bahasa Arab di Jawa Timur dan Indonesia, maka menghubungi nomor berikut: 08156533446, an. Faishol).

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 101 guests and no members online