Launching Perdana Film "Benar Juga Yaa..."

Selasa (06/05) untuk pertama kalinya film kalinya film pendek yang berjudul benar Juga Yaa.. diputar untuk ditonton khalayak umum. Pemutaran film berdurasi 12 menit ini dimulai pada pukul 15.00 WIB di gedung Home Theatre Fakultas Humaniora. Penonton yang hadir juga datang dari berbagai kalangan, mulai dari pihak dekanat, dosen, staff fakultas dan juga para mahasiswa. Sehingga, tak mengherankan jika kemudian beberapa tanggapan bermunculan. “Filmnya bagus sekali, nilai pesannya tersampaikan. Film ini sangat patut ditonton oleh khayalak ramai”, ujar Yogi, salah satu penonton yang hadir.

Film yang disutradai oleh Kharisma Pujangga ini merupakan film pertama yang diciptakan oleh HUMANI’c (komunitas film yang berada di bawah naungan Fakultas Humaniora). Dalam proses penggarapannya, produksi film ini memakan waktu selama kurang lebih dua minggu yang tentunya diwarnai dengan berbagai suka dan duka. “Walau harus menyita banyak waktu dan beberapa tugas harus terbengkalai, di sini saya merasa mendapatkan keluarga baru. Selain itu, saya juga dapat menciptakan karya untuk Fakultas Humaniora”, ungkap sutradara yang akrab disapa Angga ini.

Film yang digarap dengan tujuan untuk mengikuti kompetisi film yang diadakan oleh Dirjen HAKI ini, berkisah tentang pelanggaran-pelanggaran hak cipta yang biasa dilakukan oleh mahasiswa. Mulai dari plagiarisme sampai pelanggaran memperbanyak karya cipta tanpa izin. Walau dengan peralatan dan waktu yang seadanya, film ini berhasil memenuhi deadline perlombaan yang telah ditentukan oleh panitia. “Meskipun film ini bukanlah film yang perfect, tapi inilah karya yang telah kami ciptakan sendiri”, ujar sutradara asal Jakarta ini. Ungkapan bangga dan kepuasan juga datang dari Susilo Priyo, pembimbing komunitas film ini. “Secara kualitas, film ini sudah bagus jika ditinjau dari segi teknik cinematografi. Walaupun ada beberapa kekurangan, gambar yang dihasilkan sudah tidak kalah dengan film-film lain yang sudah terkenal”, tuturnya.

Sebagai langkah selanjutnya, diharapkan film perdana ini mampu menjadi penyulut semangat bagi segenap kru HUMANI’c untuk terus berkarya. “ Jika melihat animo penonton yang hadir pada acara ini, diharapkan akan muncul karya-karya selanjutnya”, ujar Susilo Priyo, yang juga menduduki kursi Supervisi Produser pada film ini. Hal senada juga disampaikan oleh Yogi yang merupakan mahasiswa BSI semester 6. “Mari warnai dunia perfilman di Indonesia dengan karya-karya mahasiswa Humaniora”, paparnya. (al)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 174 guests and no members online