BSA Mengajar 9: Mengobarkan Bahasa Arab di Pulau Dewata

Bali - Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, tidak henti-hentinya mengobarkan semangat untuk men-syiarkan bahasa Arab di berbagai tempat, setelah dari Banyuwangi, Probolinggo, Gresik, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kediri dan Lamongan, hari ini, Jum’at (18/4/2014) Tim BSA Fakultas Humaniora bekerjasama dengan KKM MTs dan MA se-Provinsi Bali mengadakan workshop pendampingan dan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab se-Provinsi  Bali yang bertempat di Wisma Kementerian Agama Denpasar Bali. 

Hari pertama (Jum’at) khusus pendapingan guru MTs se-Bali dan dilanjutkan besok (Sabtu/19/4/2014) untuk guru Madrasah Aliyah. Ketua pelaksana dalam sambutannya sangat berterima kasih sekali atas inisiatif kedua belah pihak, baik BSA UIN Malang dan KKM, yang telah memberikan jalan yang luar biasa untuk meningkatkan kompetensi guru-guru bahasa Arab di Bali, yang mungkin selama ini bahasa Arab hanya dianggap pelajaran yang menakutkan bahkan termasuk pelajaran yang dijahui oleh kebanyakan siswa, maka beliau sangat mengharap kepada para guru, setelah pelatihan ada perubahan dahsyat, dan dapat merubaha imaje siswa, bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang menyenangkan. Dan juga dalam sambutannya beliau menyatakan “di Bali bahasa Arab akan sangat di butuhkan, karena banyak wisatawan asing tidak hanya dari dunia Barat, tetapi juga dari Timur tengah, maka dengan pendapingan ini, saya mengharap ada peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab di Bali, nantinya siswa tidak hanya bisa membaca dan mengartikan al-Qur’an tetapi menjadi guide orang asing”.

Ketua KKM MTs se-Provensi Bali, dalam sambutannya juga sangat senang, karena baru kali ini ada pelatihan pembelajaran bahasa Arab untuk guru-guru bahasa Arab di Bali. Menurut beliau di Bali ada 33 madrasah, 7 madrasah negeri, dan 26 swasta. Menerutnya “hal ini menjadi potensi besar untuk membangun karakter siswa lewat pembelajaran bahasa Arab, karena dalam bahasa Arab tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga karakter, untuk membangun kesenangan berbahasa Arab, maka pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan oleh para guru, yang nantinya dapat diterapkan kepada murid di madrasah”.

Sedangkan sambutan berikutnya dari wakil kepala Pendis Dr. H. Arjiman, M.Pd yang menyatakan kesalutannya kepada pihak jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Malang atas komitmennya mensyiarkan bahasa Arab diberbagai tempat, bahkan beliau berjanji untuk melakukan kerjasama lagi tahun  depan (2015) dengan Tim BSA UIN Malang untuk mengadakan peningkatan kompetensi guru-guru bahasa Arab se-Provensi Bali, tidak hanya satu hari atau dua hari, tapi minimal tiga hari, menurutnya tidaklah cukup membuat guru-guru mampu meningkatkan kompentensinya hanya satu atau dua hari, maka beliau sangat mengharap untuk ada tindak lanjut dari pendampingan tersebut.

Pelatihan ini diikuti sekitar 100 guru, 50 guru dari Mts yang dilaksanakan hari ini, dan 50 guru MA yang akan dilaksanakan besok (Sabtu, 19/4/2014). Antusiasme guru sangat terlihat dari bagaimana senyum dan tawa mereka dari awal pelatihan sampai akhir, dan menurut salah satu peserta “ ternyata bahasa Arab itu menyenangkan, jika diajarkan dengan metode  menarik, dan dapat membisakan dan membiasakan siswa dengan cara yang benar”.  Tim pendaping dari BSA adalah Dr. Faishol Mahmud Adam (Sudan), Dr. H. Halimi, M.Pd., MA., Hafidz Roziki, M.Pd., Arif Rahman Hakim, M.Pd., Zawawi, M.Pd., Shalahuddin, M.Pd dan Khairul Anas, SS.  Dan tentunya ketua rombongan yang juga Ketua Jurusan BSA Fakultas Humaniora UIN Malang, M. Faishol Fatawi, M.Ag.

Diakhir sambutannya beliau selaku Kajur menyatakan, “ini bukan terakhir kali kita ke Dempasar Bali, tetapi ini awal kerjasama kita, dan insyallah kita tetap mendampingi dan selalu siap untuk diajak kerjasama peningkatan guru-guru bahasa Arab di Bali”.  (Hlm)

(Yang ingin melakukan kerjasama dengan Bahasa dan Sastra Arab dalam peningkatan kompetensi guru bahasa Arab di Jawa Timur dan Indonesia, maka menghubungi nomor berikut: 08156533446, an. Faishol).

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 105 guests and no members online