UTS BSA: Menegangkan tapi Mengasyikkan

Satu kegiatan yang sudah menjadi rutinitas seorang mahasiswa, yaitu melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS).  Serius namun juga lucu, itulah gambaran sekilas yang nampak dari UTS mahasiswa BSA angkatan 2011 ini. Tepat pada pukul 08.10 mereka memulai untuk mengerjakan UTS mata kuliah Tarikh Adab 3 yang diampu oleh Ustad Ghufron Hanbali.

Ada sedikit yang unik dalam pelaksanan UTS kali ini. Ustad Ghufron meminta salah satu mahasiswa untuk maju dan memimpin do’a sebelum mengerjakan soal-soal UTS yang telah beliau siapkan. Ika Setia Rini ditunjuk untuk maju dan memimpin doa. Sebelum doa dimulai, ada sedikit gelak tawa dari arah belakang yang kemudian semakin merata, sampai akhirnya seisi kelas pun diam-diam tertawa dengan kelucuan Ika ketika memimpin doa bersama.

Selesai berdoa bersama semua mahasiswa pun mengerjakan soal-soal UTS yang bergaya open book ini. Tampak suasana yang sangat hening dalam kelas ini. Mereka saling fokus untuk memenuhi kertas jawaban yang ada di hadapan masing-masing. “Boleh membuka apapun selain media elektronik seperti Laptop dan HP, jadi dimasukkan semua Laptop dan HP nya” tutur Ustad Ghufron.

Ujian pun berjalan dengan sangat tenang dan menyenangkan. Tampilan dari ujian ini adalah dengan soal acak. Ada soal yang berkode A, B dan C sehingga butuh satu kejelian dan kecermatan dalam mengerjakannya. Namun dengan semangat mereka tetap mengerjakan soal-saol tersebut. “Soalnya banyak banget ya,, hmmm” tukas Lutfi Haris, salah satu mahasiswa yang tengah mengerjakan soal UTS. (r2)

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 35 guests and no members online