Dugem ala Mahasiswa Sastra BSI

Selalu ada cara baru untuk membuat kegiatan akademik lebih menyenangkan. Kurang lebih, hal itulah yang ditunjukkan oleh mahasiswa BSI semester 6, khususnya yang mengambil konsentrasi sastra. Melalui kegiatan bulanan yang bertajuk Malam Apresiasi Sastra, mereka duduk gembira (dugem) untuk berdiskusi banyak hal tentang sastra. Bertempatkan di teras Fakultas Humaniora dengan lilin-lilin sebagai sumber cahayanya, acara ini berlangsung sejak pukul 19.30 sampai 21.30 WIB.

Kegiatan yang dibimbing oleh Ahmad Ghozi, M.A ini dilaksanakan pertama kali pada Selasa, 1 April 2014. Dalam gelar perdanya, acara ini dihadiri oleh para mahasiswa sastra BSI dan juga beberapa dosen, termasuk ketua dan sekretaris Jurusan BSI. Dalam sambutannya, Dr. Hj. Like Rascova, M.Ed. menyampaikan rasa bangganya atas terselengggaranya acara ini. “Sudah saatnya anak-anak sastra menunjukkan kebolehannya. Sebab anak sastra tidak pernah menyimpan ilmu, akan tetapi harus menciptakan karya untuk kemudian dibagikan kepada sesamanya”, tuturnya.

Kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari kelas Advanced Poetry ini diisi dengan pembacaan beberapa karya puisi oleh mahasiswa dan dosen. Mulai dari pui-puisi karya sastrawan Inggris sampai karya-karya sastrawan lokal. Bahkan, puisi-puisi karya mahasiswa dan dosenpun juga boleh dibacakan dalam kegiatan ini. Beberapa dosen yang sudah memulai membacakan karyanya adalah Syamsuddin, M.Hum dengan puisinya yang berjudul You Heart Our Heart dan M. Edy Thoyib, M.A dengan puisinya Terperangkap Sajak Sapardi.

Kedepannya, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa dan dosen untuk menjadi lebih produktif dalam dunia sastra. “Marilah menghidupkan sastra di jurusan BSI ini. Saya juga berharap kita di sini dapat menjadi komunitas yang produktif dalam bersastra”, ungkap Syamsuddin. Ungkapan sekretaris jurusan ini juga diamini oleh Ahmad Ghozi, M.A dalam sambutannya. “Jika di kelas kita belajar untuk menjadi kritikus sastra, maka di sini kita belajar untuk menjadi sastrawan. Dan malam ini, kita akan membuktikan bahwa menjadi sastrawan itu mudah”, tuturnya. (al)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 45 guests and no members online