Menulis Karya Fiksi Itu Mudah

Menulis karya fiksi seperti cerpen dan novel bukan pekerjaan yang sulit. Setidaknya, ini terungkap dalam Workshop Penulisan Karya Fiksi yang diadakan oleh Jurusan bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora (22/3/2014) di hadapan ratusan mahasiswa.

Seperti yang dinyatakan oleh Nor Ismah, salah seorang narasumber Workshop dari Komunitas Matapena Yogyakarta, jurus paling jitu untuk bisa menulis karya fiksi tidak lain adalah menulis itu sendiri. Dan pekerjaan ini tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan cukup meluangkan waktu sejenak untuk menuliskan isi pikiran kita. “Banyak orang mengira kalau menulis karya fiksi ribet. Padahal kita cukup duduk dan menulis di atas secarik kertas. Hanya butuh pada kemauan dan keuletan,” ujarnya.

Acara Workshop ini dibuka oleh Dekan Fakultas Humaniora Dr. Hj. Istiadah, M.A. tepat pukul 09.00 di Home Theatre. Acara ini merupakan langkah nyata untuk mendorong lahirnya penulis-penulis muda diikuti oleh ratusan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan Jurusan BSA. Ini bisa menjadi jalan untuk melahirkan penulis-penulis muda,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut semua peserta Workshop Penulisan Karya Fiksi akan diberi kesempatan untuk praktik menulis karya fiksi (cerpen).  Dan dari karya-karya itu akan disaring beberapa tulisan terbaik untuk mendapat penghargaan dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. “Karya-karya terbaik akan difasilitasi untuk dipublikasikan dalam bentuk buku yang ber-ISBN,” ungkap Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. (MF)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 229 guests and no members online