Menjadi Mahasiswa Transformatif

Salah satu peran penting mahasiswa adalah menjadi agent of change (agen perubahan). Mahasiswa harus menjadi pilar yang mampu melakukan perubahan di tengah masyarakat. Setidaknya, peran inilah yang hendak diwujudkan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang melalui program “Menjadi Mahasiswa Transformatif”.

Untuk mewujudkan program itu, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab mengirimkan beberapa mahasiswanya untuk melakukan pendampingan siswa-siswa di MAN I Tlogo Blitar dalam mengasah kecakapan di bidang Bahasa Arab. Program ini telah berjalan berkali-kali sejak tahun 2012 yang lalu. Untuk periode bulan Pebruari sampai April tahun ini (2014), Jurusan Bahasa dan Sastra Arab mengirim 3 mahaisiswa, Lilis, Aniq dan Belda.

Sejak kedatangan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab kompetensi Bahasa Arab siswi MAN I Tlogo Blitar mengalami peningkatan. Bahkan proses pembelajaran Bahasa Arab di sana semakin hidup. “Kami sangat senang dengan program seperti ini, sehingga anak-anak didik kami mulai memiliki kecakapan berbahasa Arab,” tegas kepala MAN I Tlogo Blitar.

Selain itu, program “Menjadi Mahasiswa Transformatif” menjadi sarana untuk memperkaya pengalaman mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam mengamalkan keilmuan Bahasa dan Sastra Arab. “Mengelolah pembelajaran Bahasa Arab pada siswa-siswa MAN seperti ini menjadi guru yang paling berharga. Inilah pengalaman nyata yang menjadi modal bagi kami kelak,” ujar Aniq salah seorang yang mendamipingi siswa di MAN I Tlogo Blitar.

Program ini menjadi kegiatan berkala-periodik yang dilakukan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan di skolah-sekolah lain yang memiliki kepentingan di bidang Bahasa Arab. Sejak program ini di-launching beberapa sekolah baik negeri maupun swasta memberikan respon positif. “Kami siap menerima mahasiswa BSA untuk membangun penciptaan bi’ah arabiah di sekolah kami,” ujar salah satu Guru Bahasa Arab Madrasah di Banyuwangi di sela-sela mengikuti kegiatan Pendampingan Peningkatan Kompetensi Guru bahasa Arab se-Kabupaten Banyuwangi pada dua bulan yang lalu. (MF)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 42 guests and no members online