Mengasah Spiritualitas dengan Khataman al-Qur’an

Untuk kesekian kali, mahasiswa hafidz (penghafal) al-Qur’an Fakultas Humaniora mengadakan khataman al-Qur’an. Kali ini khataman digelar di rumah M. Faisol, salah seorang dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora. Acara ini menjadi rutinan dalam setiap minggu di rumah para dosen dan staf pegawai Fakultas Humaniora.

Sebagai lembaga pendidikan yang menggabungkan antara tradisi ma’had dan tradisi kampus, Fakultas Humaniora berupaya menjaga keseimbangan antara kecakapan intelektual dan spiritual. Khataman al-Qur’an yang digelar pada Minggu (9/3/2014) tersebut merupakan wujud dari visi Fakultas Humaniora dalam mengasah spiritualitas sivitas akademika. “UIN ini memiliki empat pilar penting. Salah satunya adalah kedalaman spiritual. Nah, khataman al-Qur’an menjadi bagian dari pengejahwentahan visi itu,” tegas Dr. Hj. Istiadah, Dekan Fakultas Humaniora.

Hikmah lain dari tradisi khataman al-Qur’an mahasiswa hafidz al-Qur’an Fakultas Humaniora adalah menjalin tali silaturrahim antar sivitas akademika, sehingga antara satu sama lain saling mengenal dan mengerti. “Saya senang dengan acara seperti ini, karena di antara kita bisa saling tahu dan lebih akrab,” ujar salah satu mahasiswa hafidz al-Qur’an yang ikut semaan.

Acara khataman al-Qur’an dikuti oleh lebih dari 25 mahasiswa hafidz al-Qur’an dan beberapa dosen serta staf pegawai Fakultas Humaniora. Acara ditutup dengan doa tepat setelah shalat Zhuhur usai. (MF)

 

 

 

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 139 guests and no members online