Menuju WCU, UIN Genjot Karyawan dan Dosen

Keinginan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN) untuk menjadi World Class University (WCU) benar-benar tidak main-main. Hal itu bisa dilihat dengan pelatihan intensif yang dilaksanakan UIN kepada dosen dan karyawan bersama IALF (Indonesia Australia Language Foundation) di Bali.

Kegiatan yang digelar selama satu bulan penuh ini (2-28/3), dimaksudkan untuk lebih mengembangkan dan juga mengupgrade kemampuan dosen dan karyawan di UIN, khususnya yang non Bahasa Inggris. ”Selain untuk WCU, kegiatan ini juga untuk membekali dosen dalam pengajaran mata kuliah dengan menggunakan bahasa Inggris,” jelas Langeng Budianto, koordinator pelatihan itu.

Dosen yang akrab disapa Langgeng ini juga menambahakan bahwa ada dua jenis pelatihan yang akan digelar besama pihak IALF yaitu, GE (General English) yang dikhususkan untuk karyawan, serta CLIL (Content and Language Integrated Learning) untuk dosen.

“Untuk pelatihan CLIL, kami menekankan kepada metodelogi pengajaran serta disiplin keilmuan. Sedangkan GE sebagai peningkatan komunikasi danjuga akademik writing,” paparnya ketika ditemui sebelum berangkat, (2/3).

Dari pelatihan bersama lembaga berjargon Education For Development ini, para dosen diharapkan bisa mengaplikasikan keilmuan bahasa yang didapat dalam pengajaran, serta mampu menyajikan makalah-makalah dalam bahasa Inggris di kampus.”Kita juga nanti bisa unggul dalam presentasi ilmiah, khusunya di forum internasional,” tambah dosen yang juga menjabat sebagai ketua Pusat Pengembangan Bahasa Inggris UIN ini.

Sedangkan bagi Karyawan, Langgeng mengatakan bahwa mereka bisa menerapkan ilmu komunikasi dan juga kemampuan menulis bahasa Inggris di kantor.”Kami ingin nanti para karyawan bisa mengguanakan bahasa Inggris di lingkup kerja mereka masing-masing,” harap dosen yang juga mengajar di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ini. (rif)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 99 guests and no members online