Jurnal Lingua Humaniora Menuju Jurnal On-Line Terakreditasi Nasional dan Bereputasi Internasional

MALANG - Tiga dosen dari Fakultas Humaniora mengikuti workshop Peningkatan Mutu Publikasi Jurnal Ilmiah yang diadakan oleh unit Humas, Dokumentasi dan Publikasi UIN Maliki Malang, ketiga dosen tersebut adalah; M. Faisol, Halimi dan Rohmani Nur Indah. Workshop tersebut diadakan di lantai II perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dengan mendatangkan seorang pemateri dari PDII-LIPI,  Lukman, beliau seorang fasilitator pelatih jurnal/penulisan Artikel Internasional dan Anggota tim pakar E-Journal Dikti.

Workshop ini dibuka oleh Bapak Rektor, Prof. Dr. Mudjia Raharjo, dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi cukup baik kepada pengelola jurnal El-Harokah atas inisiatif cerdasnya yang dapat mendukung UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menuju Word class university (WCU). “Ruh universitas terletak pada jurnal, jika tidak ada jurnal maka ruh dari universitas menjadi rapuh bahkan hilang”, “maka kita harus mengelola jurnal universitas dengan baik, dan mampu menjadi jurnal internasional” kata beliau dengan penuh semangat, “dan kalau ingin kampus ini menjadi kokoh maka jurnalnya harus terakreditasi” demikian ungkapan rektor UIN Malang dalam sambutannya, hal tersebut cukup beralasan, karena jurnal yang berada di kampus UIN Maliki Malang dari 11 Jurnal, hanya ada satu jurnal yang terakreditasi, hal tersebut membuat tamparan bagi seluruh pengelola jurnal di kampus yang asri ini, karena bagaimanapun kampus ini sudah menancapkan diri untuk menjadi bagian penggerak di dunia, demi mamajukan perdaban kemanusiaan.

UIN Malang semakin gencar ingin menjadi univeritas global karena  juga didukung oleh Menteri Agama untuk menjadi salah satu dari dua perguruan tinggi negeri Islam yang berkompetensi global (World Class University). Karena kedua universitas tersebut dinilai memiliki kualitas yang baik, dan baru-baru ini juga, UIN Maliki Malang mendapatkan hasil dari jerih payah seluruh civitas akademiknya, yaitu akreditas “A” dan masih banyak prestasi yang diukir oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Maka seluruh fakultas memiliki andil besar untuk mendukung terciptanya UIN Maulana Malik Ibrahim menuju WCU, di antaranya Fakultas Humaniora dengan jurnal LiNGUA-nya.  Jurnal Lingua yang didirikan pada tahun 2006 dengan nomor ISSN: 1693-4725, pengelola pertama jurnal ini adalah Dr.H. In’am Isa, M.Ag., dilanjutkan oleh M. Faisol, M.Ag., dan setelahnya HR. Taufiqurrahman, M.A. Jurnal Lingua merupakan jurnal pertama kali yang terakreditasi di UIN Maliki Malang.

“Dengan adanya workshop ini, dan pada tahun ini pula, insya Allah Jurnal Lingua akan kami daftarkan untuk memperoleh ISSN E-Jurnal, agar pada tahun 2015 bisa melegalkan diri menjadi jurnal akrediatsi nasional yang bereputasi Internasional, dan ditargentkan tahun 2016 masuk di jajaran jurnal Internasional” tutur pengelola baru jurnal Lingua Halimi Zuhdy. (Hlm)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 50 guests and no members online