Persiapan Humaniora untuk Awal Perkuliahan

Kegiatan perkuliahan di Fakultas Humaniora akan dimulai beberapa hari lagi, dan banyak persiapan yang telah dilakukan oleh pihak Fakultas ataupun Jurusan. Setelah perosoalan administrasi selesai, para pimpinan Fakultas mengajak para dosen untuk berdiskusi bersama membahas persiapan mereka untuk awal perkuliahan nanti,  yang dikemas dalam acara diskusi bersama, bertajuk Persiapan Awal Perkuliahan, Senin 11 Februari 2013.

Tujuan kegiatan tersebut tidak lain adalah untuk memaksimalkan kegiatan perkuliahan, khususnya di awal. Menurut Rektor, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo,M. Si yang juga hadir pada acara yang bertempat di Aula lantai tiga ini, banyak hal yang harus diperhatikan para dosen sebelum memasuki kelas, seperti bahan ajar dan persiapan untuk mengajar.

”Yang penting harus selalu disiplin, memaksimalkan waktu dengan baik, usahakan jangan ada yang tidak masuk di awal perkuliahan. Awali dan akhiri perkuliahan tepat waktu” paparnya ketika menyampaikan sambutan.

Orang nomor satu di UIN Maliki ini juga mengharapkan kepada para dosen untuk tidak bersifat statis, melainkan harus dinamis. Hal tersebut menurutnya bisa dilakukan dengan gerakan-gerakan baru dan melaksanakan program-program secara maksimal. ”Jika semua program berjalan lancar, orang-orang akan mengetahui kekuatan kita,” terangnya meyakinkan.

Tak hanya itu, dosen yang juga mengajar di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ini juga mengungkapkan bahwa seluruh dosen harus bisa menerapkan tradisi spiritual yang sudah berjalan lama di kampus. ”Kita mempunyai tradisi spiritual yaitu sholat berjemaah bersama, saya harap hal itu terus bisa berjalan,” harapnya.

Senada dengan pernyataan-pernyataan Rektor, Dekan Fakultas Humaniora juga mengatakan bahwa baikkegiatan akademik ataupun kemahasiswaan yang berjalan di Humaniora sudah sangat baik dan terarah, dan tinggal meningkatkan saja pada tahun 2014 nanti. “Kami juga menginginkan para dosen bisa melakukan terobosan-terobosan terbaru nanti,” terang Dr. Hj. Istiadah, MA

Istiadah juga mengatakan beberapa hal terkait dengan hal-hal yang harus dilakukan para dosen, seperti peraturan-peraturan para dosen, sistem kepegawaian, dan juga penyerahan hasil penelitian dosen yang akan diunggah ke website resmi fakultas.”Semuanya bisa diakses di website kita,” jelasnya.

Begitu pun dengan kegiatan kemahasiswaan, pada tahun 2014 banyak keinginan yang akan dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Seperti penelitian,baik dosen ataupun mahasiswa, Training of Trainer, serta peningkatan kinerja Ikatan Alumni Fakultas Humaniora (IKAFAHUMA).”Selain itu kami juga ingin meningktakan di bidang kerjasama, dengan mnguatkan link dengan berbagai lembaga baik dalam ataupun luar negeri,” kata Dr. Hj. Syafiyah, MA

Pada sesi terkahir, para dosen kemudian dipilah sesuai jurusan, dengan tujuan untuk lebih intensif lagi membahas hal-hal yang harus dilakukan ketika mengajar nanti, seperti persiapan silabus pengajaran, jurnal perkuliahan, kontrak perkuliahan, dan juga SAP.”Hal terpenting juga adalah evalusi pada semester sebelumnya,” jelas Like Rascova ketika memimpin disekusi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. (rif)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 78 guests and no members online