Al Hikmah Belajar Bahasa Qurany Kepada PBA

Salah satu pesantren ternama dari Surabaya, Al Hikmah ingin menimba ilmu tentang pengembangan Bahasa Arab, khususnya tentang kurikulum dan pengelolaannya kepada Fakultas Humaniora, tepatnya Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Hal tersebut diungkapkan para pengurus yayasan ketika melakukan studi banding, Sabtu 22 Januari 2014.

Studi banding yang dihadiri oleh enam pengurus yayasan Al Hikmah ini dimaksudkan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan Bahasa Arab. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Syamsul, selaku kepala yayasan. Menurutnya, lembaganya ingin belajar banyak mengenai Bahasa Arab kepada PBA, mulai dari standar kurikulum, program pembelajaran, dan juga proses pengajaran.

“Kami ingin lebih banyak mengetahui Bahasa Arab, khususnya Bahasa Arab Al Quran yang juga dikembangkan di jurusan PBA,” ungkap Samsul kepada para pimpinan Fakultas dan juga PBA. “Dan saya berharap PBA bisa menjadi pendamping untuk pengembangan Bahasa Arab,” paparnya.

Selain itu, mereka juga ingin mengetahui bagaimana menggunakan fasilitas penunjang yang bisa mengembangkan kemampuan Bahasa Arab para murid di lembaga mereka yang terdiri atas SD, SLTP, SLTA, dan juga Perguruan Tinggi.

“Kami juga ingin tahu bagaimana PBA mengelola fasilitas penunjang seperti laboratorium bahasa, ruang diskusi, dan juga perpustakaan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Arab,” tambah Samsul.

Pihak PBA pun dengan senang hati menerima para pengurus yayasan, dan menjelaskan bagaimana mereka mningkatkan kemampuan Bahasa Arab para mahasiswa. ”Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan beberapa dosen untuk melakukan penelitian di sana (yayasan, red),” terang Mamluatul Hasanah, ketua jurusan PBA.

Tak hanya itu, Mamlu’ juga berencana untuk bekerjasama di bidang Praktek Kerja Lapangan. ”Kami juga ingin mencoba beberapa mahasiswa untuk magang, untuk bisa mengetahui bagaiamana perkembangan Bahasa arab di sana. (sya)

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 86 guests and no members online