Demi meningkatkan kemampuan para mahasiswanya, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab memberikan pembekalan kepada mahasiswa mereka, khususnya tentang penelitian. Untuk pelatihan pertama, Jumat (11/10). Para mahaiswa diberikan materi tentang penelitian evaluatif yang dibawakan secara lugas oleh Dr. Muhammad Abdul Hamid.
Selain sebagai belkal bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menguatkan kemampuan para mahasiswa khususnya dalam penulisan proposal dan juga skripsi mereka.”Agar merek tidak hanya tahu materi, maka setiap pemateri saya minta untuk mengajak para peserta langsung praktek,” jelas Ahmad Mubaligh, M. HI selaku sekretaris jurusan PBA.
Dalam pematerian yang berlangsung di Aula Fakultas Humaniora ini, Abdul Hamid menjelaskan secara penjang lebar tentang definisi, kegiatan, ciri-ciri, ruang lingkup dan langkah-lngkah penelitian evaluativ.”Penelitian evaluative adalah penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang apa yang terjadi, yang merupakan kondisi nyata mengenai keterlaksanaan rencana yang memerlukan evaluasi,” jelasnya.
Untuk kegiatan, dosen yang akra disapa dengan panggilan Pak Hamid ini menuturkan bahwa dalam kegiatan penelitian evaluatif, ada dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu pengukuran atau pengambilan data serta membeandingkan hasil pengukuran dan pengumpulan data dengan standar yang digunakan.”Berdaarkan hasil perbandingan tersebut, maka akan disimpulkan bahwa suatu kegiatan yang dilakukan itu layak atau tidak, relevan atau tidak, serta efisien dan efektif atau tidak,”paparnya kepada mahasiswa yang kebanyakan dihuni oleh semester lima dan tujuh tersebut.
Sedangkan untuk ciri-ciri, penelitian evaluatif memliki beberapa hal yaitu proses kegiatan yang tidak menyimpang, peneliti berikir sistemik, serta perunya identifikasi komponen.” Kemudain menggunakan standar, criteria, dan juga tolak ukur,” tambahnya.
Selanjutnya, untu ruang lingkup penelitian evaluatif adalah domain hasil belajar, system pembelajaran, proses dan hasil belajar, kemudian penilaian. Untuk langkah-langkah penelitiannya, Hamid menjelaskan bahwa ada delapan langah yaitu, klarifikasi alasan, memilih model evaluasi, mengidentifikasi pihak terkait, penentuan komponen yang akan dievaluasi, mengidentifikasi pertanyaan evaluasi, menyusun desain evaluasi.” Dan yang paling penting adalah pengumpulan dan analisis data serta pelaporan evaluasi,” terangnya. (rif)