Gradasi Pembelajaran Nahwu

Hudaya – untuk membantu para mahasiswa dalam pembalajaran Nahwu, salah satu dosen fakultas Humaniora dan Budaya, Dewi Chamidah, M.Pd. melakukan sebuah penelitian, yaitu mengenai gradasi materi Nahwu yang diberikan kepada mahasiswanya. Dalam hal ini, dosen yang akrab disapa dengan panggilan Ibu Dewi ini membahasnya dalam Diskusi Selosoan kemarin (5/3).

Dalam penelitian yang menjadi bahan disertasinya ini, Ibu Dewi menjelakan bahwasanya alasan mengambil tema tersebut karena semua pembelajaran bahasa Arab pasti menggunakan ilmu Qowaid, yaitu Nahwu dan Shorrof. Dan untuk penelitiannya, Ibu Dewi mengambil Nahwu, dengan judul “Gradasi Materi Nahwu untuk Jurusan PBA dan BSA Fakultas Hudaya”. ”Kebanyakan mahasiswa yang selesai mengambil mata kuliah Nahwu, mereka masih belum bisa menggabungkannya dengan pembelajaran lainnya, seperti Kalam, ataupun Kitabah.” Jelasnya.

Selain bisa memberikan kontribusi terhadap fakultas, penelitian tersebut juga diharapkan bisa membantu para mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu Nahwu yang mereka peroleh dalam ilmu kebahasaan lainnya. ”Selain itu, hal ini akan membantu ketika lulus nanti, karena orang-orang pasti mempunyai prediksi bahwa lulusan bahasa Arab juga bisa Qowaid,” ujarnya dalamn diskusi yang diselenggarakan di ruang dosen lantai satu ini.

Untuk metode gradasi ini, Ibu Dewi menggunakan Gradasi putar, yaitu menyelesaikan semua materi qowaid sesuai target, meskipun ada salah satu mahasiswa yang belum paham. ”Hal ini dikarenakan Qowaid bisa dipelajari dengan cara bertahap,” imbuhnya.

Dengan penelitian gradasi ini, para mahasiswa juga akan bisa mengetahui fungsi ataupun tujuan mempelajari Nahwu itu sendiri. ”Fungsi Nahwu masih belum menempati temnpatnya, sehingga dengan gradasi materi ini, para mahasiswa bisa menerapkan ilmu Nahwu dengan skill bahasa lainnya,” tambahnya. (rif)

 

 

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 74 guests and no members online