Sambut Hari Kartini, BSA Gelar Webinar Tangguhnya Perempuan

HUMANIORA – (21/4/2022) Dalam rangka menyambut hari kartini, Prodi Bahasa dan Sastra Arab gelar Webinar bertajuk Tangguhnya Perempuan dalam Kajian Bahasa dan Sastra Arab. Acara ini digelar secara online melalui platfor Zoom Meeting, dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube BSA.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol . Dalam sambutannya, M. Faisol mengatakan topik tentang perempuan merupakan salah satu topik yang selalu menarik, mengingat narasi tentang perempuan dalam teks keagaman oleh sebagian orang dimaknai sebagai entitas yang berada di bawah laki-laki.

“Diskusi ini akan menarik dan semakin unik ketika kita bisa memahami dari berbagai persektif khususnya narasi tentang perempuan dalam teks-teks suci. Penciptaan perempuan bukan berarti lepas dari penciptaan jenis kelamin yang berada di luar perempuan. Pasti ada hikmah di balik penciptaan laki-laki dan perempuan.

Ia mengutip pernyataan Ibnu Rusyd ketika berusaha mempertemukan antara filsafat atau sains dengan agama dengan syariat, ia menggunakan argumentasi dalil al-ikhtiro’dimana perempuan tidaklah diciptakan oleh Allah secara sia-sia. Maka, penciptaan keduanya  harus diletakkan pada posisi kesalingan, artinya laki-laki pasti mempunyai kelemahan dan keistimewaan. Begitupula sebaliknya. Sehingga, kelebihan dan kelemahan yang dimiliki keduanya, dalam kondisi tertentu maka hubungan antara kedua jenis kelamin tersebut adalah saling melengkapi.

“Tidak ada tujuan penciptaan jenis kelamin itu untuk menghegemoni dan men sub-ordinasikan satu sama lain. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan dalam batas-batasnya sendiri. Allah tidak mungkin menciptakan dunia dengan tujuan untuk saling bmenjatuhkan dan menghegemoni. Allah memiliki konsep taskhir, yaitu  dunia ini diciptakan agar manusia mengelolanya, ke arah yang lebih maslahan. Laki-laki dan perempuan diciptakan untuk mencapai suatu kemaslahatan.” Pungkasya.

Acara tersebut menghadirkan enam perempuan hebat dari Prodi BSA sebagai narasumber yang membahas potret perempuan ditinjau dari berbagai perspektif, khususnya dari persperktif sastra. Mereka adalah Dr. Muassomah, M.Si., M.Pd yang berbicara tentang tema Perempuan Tangguh dalam Konteks Arabic Memes, Dr. Ma’rifah Munjiah, M.HI., M.Pd, yang membahas tentang Narasi Ketangguhan Perempuan dalam Al-Qur’an, Dr. Laily Fitriani, M.Pd, berbicara tentang Perempuan Tangguh dalam Konteks Sastra, Dr. Nur Hasaniyah, MA, membahas tentang Afkar Feminisme Arab, Penny Respati Yurisa, M.Pd, membahas tentang Perempuan Tangguh dalam Linguistik Arab, dan terakhir Dien Nur Chotimah, M.Pd, yang berbicara tentang tema Inspirasi Ketangguhan Perempuan dalam Novel.

Leih dari 200 peserta bergabung dalam palform zoom nampak antusias mengikuti acara tersebut. Peserta dalam webinar ini didominasi oleh kaum perempuan. [lyn]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 84 guests and no members online