Begini Cara Alumni BSA Berkontribusi

HUMANIORA – (21/4/2022) Program Studi Bahasa dan Sastra Arab megadakan acara I’tirafat al-Muhadlir al-Jami’iy 4  pada Kamis, 14 April 2022. Acara yang digelar secara online tersebut menghadirkan  Muhammad Anwar Mas’adi, dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Muhammad Iqbal Bulgini dari Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Acara yang digelar melalui platform Zoom Meeting tersebut bertajuk Ilm Ijtima’ al-Shira’ fi al- Adab al-Araby atau Sosiologi Konflik dalam Sastra Arab. Acara tersebut dipandu oleh Anisah Faridah, mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Arab. Lebih dari 200 peserta  bergabung melalui zoom meeting, dan sebagian yang lain melalui live streaming Youtube.

Dalam paparannya, Anwar Mas’adi menegaskan pentingnya perspektif sosiologi dalam kajian sastra, khususnya bahasa dan sastra Arab. Menurutnya, perspektif sosiologi akan dapat mengungkap fakta sosial yang terdapat dalam teks-teks sastra, bahkan makna sebuah karya sastra tidak dapat dipisahkan dari realitas sosial yang melahirkan karya tersebut.

Sementara Iqbal Bulgini menyoroti tentang konflik sosial yang sering terjadi dan menjadi sorotan dalam sebuah karya sastra. Topik-topik terkait konflik sosial dalam karya sastra menjadi isyarat bahwa realitas sosial yang terjadi di tengah masyarakat seringkali menjadi fokus para penulis sastra. Hal ini semakin membuktikan bahwa antara realitas sosial dan dunia sastra tidak dapat dipisahkan.

Meskipun acara ini digelar dalam bentuk webinar, namun yang menarik adalah acara ini melibatkan alumni Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora, khususnya alumni yang telah sukses dalam meraih karir di dunia pendidikan. Alumni memberikan kontribusi terkait tentang topik kesasteraan dan kebahasaan Arab dengan cara memberikan pandangan-pandangan dalam forum diskusi.

Acara diikuti oleh ratisan peserta secara daring. Tampak peserta sangat antusias dan serius mengikuti jalannya diskusi hingga usai. [sh]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 59 guests and no members online