Tingkatkan Motivasi Mahasiswa, Humaniora Gelar Achievement Motivation Training

HUMANIORA – (26/03/2022) Dalam rangka meningkatkan pengembangan diri dan motivasi mahasiswa dalam belajar, Fakultas Humaniora menggelar Achievement Motivation Training (AMT) pada Sabtu, 26 Maret 2022. Acara yang bertajuk ”Mahasiswa Milenial: Generasi Tangguh, Generasi Berprestasi” tersebut digelar secara online melalui platform Zoom Meeting dan ditayangkan secara langsung melalui channel Youtube Fakultas Humaniora Official.

Acara yang diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Humaniora semester IV tersebut menghadirkan  Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh. Badrus Sholeh, MA., Ph.D. dan Ainur Reza, SS., M.Sc., yang merupakan alumnus Fakultas Humaniora, sekaligus Oxford Brookes University, Inggris. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Humaniora beserta seluruh jajarannya, dan seluruh mahasiswa Fakultas Humaniora semester IV. Acara yang digelar selama 4 jam tersebut, dimoderatori oleh Whida Rositama, M. Hum.

AMT 2

Kegiatan Achievement Motivation Training tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Humaniora Dr. M. Faisol. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Humaniora menyampaikan terimaksih kepada kedua narasumber yang telah meluangkan waktunya berbagi bersama teman-teman mahasiswa Fakultas Humaniora. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan Fakultas Humaniora dalam memacu prestasi mahasiswa Fakultas Humaniora, di mana selain rfokus pada kajian bahasa san sastra, mahasiswa Fakultas Humaniora juga menempuh mata kuliah pilihan dalam bidang terjamah, sinematografi, jurnalisme, pariwisata, pembelajaran dan diplomasi.

“Motivasi merupakan hal penting yang harus ada pada diri setiap mahasiswa. Motivasi adalah bagian penting yang dapat men-support apa yang kita cita-citakan. Akademik saja tidak cukup, namun perlu dielaborasi dengan berbagai faktor yang perlu dioptimalkan dalam menggapai cita-cita kita.” Ujarnya.

Lebih lanjut M. Faisol berharap adanya sinergisitas dan kerjasama khususnya dengan KBRI Riyadh. “Kami berharap kedua narasumber bisa membimbing dan memberikan informasi, dan masukan kepada kami. Semoga kita bisa saling bersinergi dalam mengembangkan fakultas kami (Humaniora)”. Harapnya mengakhiri sambutannya pagi itu.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. Galuh Nur Rohmah menyampaikan pentingnya mahasiswa mengikuti program AMT ini. “Selain keikutsertaan mahasiswa dalam acara acara PBAK, Pelatihan Strategi Belajar, dan Pembinaan Karir, mahasiswa Humaniora juga wajib mengikuti acara AMT ini, karena mampu menyumbang pemerolehan poin Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) sebanyak 250 poin.” Tegasnya.

Ia mengatakan bahwa mahasiswa tidak hanya aktif menuntut ilmu saja, namun diharapkan dapat aktif dalam berbagai kegiatan akademik dan non akademik. “SKKM merupakan sebuah syarat bagi mahasiswa untuk mengikuti ujian komprehenship dan ujian skripsi.”

Badrus Sholeh dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang Ketangguhan dalam Diplomasi dan Kebudayaan, sedangkan Ainur Reza mempresentasikan tema Kunci Sukses Menjadi Mahasiswa Tangguh. Setelah acara presentasi kedua pemateri, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Nampak peserta begitu antusias mengikuti acara tersebut sampai pukul 12.00 WIB.

Dalam sesi akhir, panitia menggelar quiz interaktif untuk dikompetisikan seluruh peserta. Dalam 4 sesi quiz, terdapat 6 mahasiswa beruntung yang berhasil mengantongi hadiah. Dalam acara tersebut, panitia menyiapkan sejumlah doorprize yang diperuntukkan bagi peserta AMT. Salah satu mahasiswa yang beruntung adalah M. Ramadhan Eka Putra, yang dinobatkan sebagai Pejuang Webinar.   [LYN]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 140 guests and no members online