Semarakkan Hari Ibu, Prodi Sasing Kawal Sarasehan Nasional: (Bahasa) Ibu, Peneguh Bangsa

HUMANIORA – (20/12/2021) Prodi Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim menjadi Host dalam Sarasehan Nasional yang diselenggarakan Linguistics and Literature Association (LITA) bekerjasama dengan The Association of Teaching English as a Foreign Language in Indonesia (TEFLIN) Jawa Timur  dan Asosiasi Linguistik Terapan Indonesia (ALTI).

Sarasehan Nasional yang bertema "(Bahasa) Ibu, Peneguh Bangsa" ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom dan ditayangkan secara live melalui channel Youtube Fakultas Humaniora. Sarasehan ini lebih dari 150 peserta dari berbagai daerah di seluruh tanah air. Turut hadir pula dalam sarasehan tersebut Presiden TEFLIN periode (2021-2024), Prof. Utami Widiati, MA., P.hD., yang juga bertindak sebagai narasumber,  Presiden LITA periode 2021-2023, Dr. Meinarni Susilowati, M.Ed., serta Presiden ALTI, Suasanto, M.Hum., M.A., P.hD.

Selain Prof. Utami Widiati, tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Kepala Prodi Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim, Ribut Wahyudi, M.A., P.hD. serta Ibu Noor Malihah, P.hD. dari IAIN Salatiga. Selain untuk memperingati hari Ibu Nasional, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi anggota ketiga forum asosiasi tersebut. "Kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalitas anggota TEFLIN, ALTI, dan LITA", ujar Prof. Zuliati Rohmah selaku Presiden LITA periode 2019-2021.

Diskusi yang dipandu langsung oleh Presiden LITA Dr. Meinarni Susilowati, M.Ed. tersebut diawali dengan pembahasan dari sisi motherhood tentang strategi Memaksimalkan Kualitas Pemerolehan Bahasa Ibu, peran Bahasa Ibu dan Ibu sendiri sebagai peneguh suatu Bangsa. Para pemateri menegaskan pentingnya peran Ibu sebagai Madrasatul Ula dalam tumbuh kembang bahasa seorang anak.

Ribut Wahyudi, P.hD. Kaprodi Sastra Inggris Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Malang yang juga pakar di bidang pendekatan kritis dalam pengajaran Bahasa Inggris menyampaikan bahwa peran bahasa Ibu sangat penting dari sudut pandang kajian linguistik terapan kontemporer. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa dalam pengajaran bahasa asing khususnya dalam konteks pengajaran bahasa Inggris multilingual teaching dapat diterapkan dikelas. “Saat ini, pengajar bahasa Inggris bisa menggunakan dialek bahasa Indonesia, maupun bahasa Lokal (Jawa, Madura, Sunda, dsb) dalam pengantar perkuliahan bahasa Inggris”, ujarnya.

Sarasehan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab di mana banyak peserta yang sangat antusias menyampaikan pertanyaan terkait pemerolehan bahasa anak, pengajaran bahasa inggris di kelas, serta kesulitan yang mereka hadapi ketika mengajarkan bahasa Inggris.

Selain penyampaian materi yang sangat menarik acara sarasehan ini dijadikan momen untuk serah terima jabatan dari Presiden LITA periode 2019-2021 Prof. Zuliati Rohmah dari UIN Sunan Ampel Surabaya kepada Presiden LITA yang baru periode (2021-2023), Dr. Meinarni Susilowati, M.Ed. yang merupakan salah satu dosen senior Program Studi Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. “Semoga ke depan dibawah kepemimpinan Ibu Meinarni Susilowati, LITA sebagai asosiasi yang sangat bergengsi mampu berkontribusi dalam pengembangan professional anggotanya dan mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi”, harapnya. [LK]

 

 

 

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 65 guests and no members online