Sambut Hari Bahasa Arab Sedunia Prodi BSA Gelar Konferensi  International Sastra Arab Selama Dua Hari

HUMANIORA – (15/12/2021) Prodi Bahasa dan Sastra Arab menggelar Konferensi Internasional dalam bidang Sastra Arab pada Rabu, 15 Desember 2021. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan Shandong Youth University of Political Science China, Jami'ah Qanah Suez Mesir dan Landa Language House Thailand. Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka menyambut hari Bahasa Arab sedunia yang diperingati setiap tanggal 18 Desember.

Konferensi yang diselenggarakan secara virtual tersebut menghadirkan 5 narasumber luar negeri berasal dari China, Thailand dan Mesir. Mereka adalah Dr. Dr. Mi Guangli dan Muhammad Ruslan ibn Husain yang melakukan presentasi pada hari pertama, Rabu 15 Desember 2021. Sedangkan lainnya adalah Umar Zakariya Abdullah Abdul ‘Athi, Inas Ridlo Taufiq Ibrahim Helaal, dan Fahrur Rozi Mesir akan tampil pada hari berikutnya, Kamis 16 Desember 2021.

Sejumlah narasumber dalam negeri turut ambil bagian dalam konferensi tersebut. Narasumber tersebut masing-masing adalah Dr. Muntaqim  Al-Anshori, Dr. Ahmad Dini Hidayatullah, Arief Rahman Hakim, M.Pd., Dr. Ahmad Kholil, Dr. Laily Fitriani, Moch. Said, M.Pd., dan Dr. Ma’rifah Munjiyah yang semuanya adalah dosen BSA UIN Malang. Mereka akan bergabung bersama narasumber lainnya Dr. Muhadir Muhammad dari Universitas Aceh, Dr. Amirah Qasim, dan Abdul Wahab Naf’an, M.Pd.

Dekan Fakultas Humaniora Dr. M. Faisol menyampaikan bahwa isu Tarabuth Dirasah al-Lughah al-Arabiyyah merupakan isu yang penting, mengingat di era revolusi digital 4.0, tak ada satupun bidang keilmuan yang bisa terlepas dari bidang ilmu yang lain, tak terkecuali studi sastra Arab. “Supaya kajian tentang sastra Arab ini maju dan berkembang, maka harus dilakukan interkoneksi dengan kajian-kajian keilmuan yang lain.” terangnya dalam pembukaan konferensi yang digelar secara virtual tersebut.

Ia menilai bahwa kegiatan seperti ini merupakan langkah progresif dalam menjawab tantangan keilmuan sastra Arab yang semakin global, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Mengakhiri sambutannya M. Faisol mengucapkan terimakasih kepada seluruh narasumber dan para peserta atas partisipasinya dalam even konferensi ini. Ia berharap agar semua yang bergabung dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini.

Bertindak selaku presenter pertama, Dr. Mi Guangli dari Shandong Youth University of Political Science mempresentasikan materi tentang Kajian Sastra Al-Quran dan Tafsir di China, dilanjutkan Dr. Muntaqim  Al-Anshori, Dr. Ahmad Dini Hidayatullah, Arief Rahman Hakim, M.Pd yang masing-masing membawakan materi dalam tema Tarabuth Dirasah al-Lughah al-Arabiyyah Abra Indhibath al-Ulum al-Muta'addidah.

Acara tersebut juga dibuka untuk umum melalui media virtual. Lebih dari 250 peserta bergabung melalui platform Zoom Meeting dan channel Youtube BSA. Acara konferensi tersebut berjalan secara lancar, peserta nampak antusias dan semangat mengikuti setiap sesi yang disampaikan setiap narasumber menggunakan bahasa Arab. Konferensi akan dilanjutkan esok hari, Kamis 16 Desember 2021 dengan menggunakan media dan link zoom yang sama [SM]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 62 guests and no members online