Dorong Publikasi Mahasiswa, MBSA Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

HUMANIORA – (13/12/2021) Program studi Magister Bahasa dan Sastra Arab (MBSA) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang gelar Muntada al-Qism: Pelatihan Penulisan Artikel Mahasiswa Magister Bahasa dan Sastra Arab pada Senin-Selasa, 13-14 Desember 2021. Pelatihan penulisan ini digelar secara luring di Meeting Room Fakultas Humaniora yang dihadiri oleh mahasiswa Program studi Magister Bahasa dan Sastra Arab  Fakultas Humaniora. Selain diselenggarakan secara luring, kegiatan ini juga dibuka untuk umum secara virtual. Lebih dari 100 peserta bergabung dalam kegiatan ini secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan channel Youtube Fakultas Humaniora.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Humaniora Dr. M. Faisol. Dalam pembukaannya M. Faisol mendukung penuh langkah-langkah yang sudah ditetapkan Prodi MBSA untuk memberikan layanan pendampingan akademik bagi mahasiswa S2 BSA. Lebih lanjut M. Faisol menyatakan bahwa dalam dunia tulis menulis, senantiasa terjadi dinamika dan perkembangan ide dan gagasan. Hal ini menunjukkan bahwa pikiran manusia senantiasa berkembang dalam mengikuti realitas yang ada. “Kita tidak boleh merasa minder dan putus asa dengan tulisan kita, apabila kita menjumpai masukan dan kritik yang konstruktif”. Menurutnya, hal yang paling penting adalah argumentasi yang legitimate dan valid yang dituangkan oleh seorang penulis dalam karyanya. Di akhir sambutannya, M. Faisol  mengharap tradisi baik ini bisa diteruskan secara berkala demi menumbuhkan tradisi akademik yang baik dan sehat.. “Mari kita bangun kebiasaan baru dalam literasi, khususnya dalam penulisan karya ilmiah”, pungkasnya.

 

Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan materi pertama oleh Dr. Galuh Nur Rohmah, M.Pd., M.Ed yang membahas tema Pemilihan Topik dan Menulis Pendahuluan. Pendahuluan merupakan metode menulis di awal tulisan ilmiah yang berisi latar belakang masalah yang dikaji. Ia menekankan pentingnya menentukan sebuah topik sebelum mahasiswa melakukan penulisan, agar tulisan ilmiah selalu berada pada jalur dan terfokus pada pembahasan. “Tulisan akademik  harus berbobot dan terhindar dari kekosongan”. Ujarnya.

 Lebih lanjut Dr. Galuh menjelaskan bahwa membaca dan menulis, Read to write merupkan satu paket yang harus dilakukan oleh para penulis. Ia menjelaskan bahwa tulisan akademik yang bagus merupakan tulisan yang terjustifikasi dengan bukti objektif. “Tulisan akademik memiliki nada akademik, bukan nada personal, karena tulisan akademik merupakan ruang untuk berbagi ide berbasis ilmiah dan obyektif, harus menggunakan tata bahasa yang tepat dan logika berfikir yang benar”. tuturnya.

 Materi kedua dalam pelatihan kali ini membahas topik Menulis Literatur Review, Referensi, dan Metode Penelitian yang disampaikan oleh oleh Dr. Muassomah, M.Si., M.Pd. Dalam sesi ini dikupas tentang cara menyusun kerangka pemikiran yang jelas dan cara memecahkan masalah sebagaimana penulis telah menyususn rumusan masalah. Dalam Literature review Dr. Muassomah memberikan penekanan bagaimana cara mengulas dan merangkum data, disertai dengan pemanfaatan sumber pustaka yang valid. “Penyusunan literature review yang baik dapat membantu penulis dalam mendefinisikan posisi akademik penelitian yang dilakukannya”. Ujarnya.

 Di akhir sesi pelatihan hari ini, Ketua Prodi Program studi Magister Bahasa dan Sastra Arab (MBSA) Dr. Wildana Wargadinata, Lc. M.Ag. mengucapkan selamat kepada para peserta khususnya mahasiswa S2 BSA dan berharap agar kegiatan ini dapat membantu mahasiswa untuk dapat menyelesaikan tugas akhirnya tepat waktu. Kegiatan pelatihan ini, akan dilanjutkan esok hari, Selasa 14 Desember 2021 dengan materi lanjutan yaitu Menulis Paparan Data dan Pembahasan yang akan disampaikan oleh Dr. Mundi Rahayu, M.Hum, dilanjutkan materi tentang Menulis Kesimpulan dan Abstrak oleh Dr. Halimi, M.Pd. [LYN]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Ikuti kami :

Visitor

We have 305 guests and no members online