idaren

Publish or Perish: Tips Publikasi Artikel Bahasa dan Sastra

HUMANIORA - (06/10/2021) Fakultas Humaniora Program Studi Bahasa dan Sastra Arab kembali menyelenggarakan kuliah tamu pada Selasa (6/10) secara daring melalui platfrom Zoom. Tak kalah menariknya dengan pembahasan kuliah tamu sebelumnya, kuliah tamu kali ini membahas tentang “Trend Kajian Bahasa dan Sastra; dan Tips Publikasi Artikel Bahasa dan Sastra”. Tampil sebagai narasumber, Anwar Sanusi, M.Pd., dosen Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan Dr. Rohmani Nur Indah, M.Pd., dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara ini dihadiri oleh 299 peserta dari mahasiswa prodi Bahasa dan Sastra Arab.

Dr. Halimi, M.Pd., Dekan Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengatakan bahwa kegiatan kuliah tamu yang diadakan oleh prodi Bahasa dan Sastra Arab merupakan hal yang tidak mudah untuk mendatangkan pemateri karena harus mencari pemateri yang sesuai dengan kapasitas dan kapabilitasnya.
“Dengan kegiatan seperti ini, semoga mahasiswa semangat untuk mengembangkan diri dari diskusi-diskusi kekinian.” Jelas Dekan Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Moh. Zawawi, M.Pd. selaku sekretaris jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengatakan bahwa tujuan kuliah tamu ini yaitu untuk menyesuaikan tingkat kemampuan pembelajaran di masa kini, memberikan informasi serta pengetahuan tentang kajian masa kini terkait mempublikasikan sebuah karya ilmiah, membantu mahasiswa semester akhir dalam mempercepat dan mempermudah pembuatan tugas akhir.

Tips dan trik untuk mengembangkan sebuah karya ilmiah telah dipaparkan oleh Anwar Sanusi, M. Pd, yaitu harus menanamkan sebuah prinsip penting, “don’t wait: write” artinya jangan menunggu untuk menulis. Dari pernyataan tersebut dapat dipahami bahwa jangan sekali-kali menunda untuk menulis sebuah karya ilmiah. Hal ini merupakan prinsip yang beliau praktekkan sejak mahasiswa hingga sekarang.

Kedua, lanjutnya, publish or perish yaitu memberanikan diri untuk mempublikasikan karya yang telah diteliti, jangan sampai tidak dipublish sehingga menjadikan karya yang hanya tersimpan di perpustakaan.

Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Bandung menambahkan, hal pertama yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian setelah mendapatkan sebuah ide adalah menulis kerangka ide tersebut kemudian diteliti.

Dr. Rohmani Nur Indah, M.Pd. selaku dosen Fakultas Humaniora UIN Mulana Malik Ibrahim Malang memberikan kiat-kiat publikasi artikel yaitu memahami target publikasi, melakukan seleksi jurnal bersamaan dengan pelacakan referensi termutakhir, persiapan menulis, menyusun latar belakang, menyusun literatur review dan metode, menyusun hasil dan pembahasan, menyusun kesimpulan-abstrak-judul, melakukan pemeriksaan, dan melakukan submit.

Diakhir rangkaian acara, moderator Dien Nur Chotimah, M.Pd., meminta kepada pemateri untuk memberikan motivasi kepada para peserta. Diawali oleh Anwar Sanusi, M. Pd beliau berpesan “No limit for spirit, no loading for understanding” mempunyai maksud jangan patah semangat, banyak membaca banyak tahu, sedikit membaca sedikit tahu.

Pemberian motivasi dilanjut oleh Dr. Rohmani Nur Indah, M.Pd. yaitu “Ketika anda menapaki kehidupan akademik maka anda berharap bahwa jejaknya dapat ditelusuri oleh anak-cucu kita dengan membuktikan hasil karya ilmiah yang pernah ditulis dan dipublish” tuturnya. [SR]

Read 17 times
Share
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…