idaren

Brainstorming: Teguhkan Komitmen Mahasiswa BSA dalam Produksi Karya

HUMANIORA – (24/09/2021) Dalam rangka memperluas wawasan mahasiswa tentang karya akademik dan meningkatkan kemampuan dan menumbuhkan semangat mahasiswa dalam menghasilakan karya, Prodi Bahasa dan Sastra Arab gelar Brainstorming Mahasiswa BSA bertajuk “Taqaru'ul Afkar” Bahasa dan Sastra Arab Berkarya” pada Jumat, 24 September 2021.

Turut bergabung melalui  platfrom Zoom dan live Youtube, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Halimi,  Kaprodi Bahasa dan Sastra Arab, Dr. Abdul Basit, dan para alumni Prodi Bahasa dan Sastra Arab yang mempunyai pengalaman dalam literasi ilmiah. Lebih dari 300 mahasiswa semester lima dan tujuh mengikuti acara Brainstorming siang itu dengan penuh antusias.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Halimi, M.Pd. yang mengapresiasi Prodi BSA dengan digelarnya kegiatan brainstorming atau dalam bahasa arabnya ialah Taqaru'ul Afkar karena di dalam kegiatan ini akan berdiskusi terkait kemajuan terutama literasi yang ada di Fakultas Humaniora. Dengan penuh optimis, ia menyampaikan bahwa dia antara keunggulan prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Maulan Malik Ibrahim Malang dengan prodi yang lainnya adalah  tingkat produktivitas mahasiswa dalam bidang karya ilmiah yang tinggi, dibuktikan dengan beragam jurnal dan buku yang telah dihasilkan.

Dalam kegiatan ini, Prodi Bahasa dan Sastra Arab mengundang 17 orang pemateri yang merupakan alumni BSA yang sudah berpengalaman dalam bidang literasi akademik. Di antara meraka ada Fakhrurrazi, M. Firdaus Imaduddin, Hasan Basri, Pradibyo Herdiansyah, Amiroh Nihayatun Munir Azizah, Isma Nida Aulia, Mickyal Fichriz, Shofia Amalia Sholihah, Imroatul Ngarifah, Muhammad Ilmi Hafizi, Ifi Erwhintiana, Nashrul Habibi, Fahmi Darusti, Al Lastu Nurul Fatim, Nur Widad Mazaya, Abida Sarah dan Fauziyah Kurniawati.

Perjuangan menggapai impian yang dilakukan para alumni BSA tersebut telah membuahkan hasil yang nyata,di antara mereka ada yang berhasil meraih Beasiswa PMLD S2 Langsung S3, Beasiswa LPDP, Beasiswa King Saud University, Beasiswa Mesir Penghafal Al-Qur'an dan Putra Daerah Terbaik, Pertukaran Mahasiswa ke National University of Singapore, Studi Lanjut di Korea Selatan - Yordan - Edinbrugh, Penulis Artikel Ilmiah Terbaik, Presenter Internasional Terbaik, Penulis Artikel Jurnal, dan Prosiding Nasional dan Internasional, dan Para Alumni Prodi BSA yang telah berprofesi sebagai Penerjemah, Guru, Kepala Sekolah, dan Dosen.

Selama kegiatan ini berlangsung, para alumni Prodi Bahasa dan Sastra Arab akan membagikan pengalamannya, memberikan tips dan trik mencapai impian serta memberikan motivasi yang mendatangkan semangat juang untuk meraih mimpi.

Salah seorang alumni, M. Firdaus Imaduddin mengatakan bahwa kemampuan menulis dan berbahasa sama-sama penting karena hal tersebut saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan.

Di akhir sesi acara, para Alumni Prodi Bahasa dan Sastra Arab ditantang untuk membuat closing statement tentang sebuah pertanyaan “Menulis itu adalah?”. Dari beragam statemen mereka tentang menulis, dapat disimpulkan beberapa hal penting tentang aktivitas menulis, di antaranya adalah mengukir sejarah baru, kebutuhan masa depan, menyampaikan sesuatu dengan cara yang berbeda, menyampaikan dan memperjuangkan ide keislaman, sebuah media dakwah, aktualisasi diri, livestyle, sebuah keberanian, membangun peradaban, berekspresi diri, langkah untuk mencapai masa depan yang lebih baik, serta membentuk kepribadian yang berkualitas. [SR]

Read 43 times Last modified on Senin, 27 September 2021 14:36
Share
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…