idaren

Hadapi Perkuliahan Daring, Prodi BSA bekali Mahasiswa Baru dengan Pelatihan SIAKAD dan e-Learning

HUMANIORA – (07/09/2021) Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi perubahan model pembelajaran  di Indonesia, tak terkecuali proses perkuliahan. Perkuliahan yang diterapkan secara daring, memaksa pelaku pembelajaran mau tidak mau harus melek digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pembelajaran. Merespon perubahan model pembelajaran ini, Prodi Bahasa dan Sastra Arab bekali mahasiswa baru dengan pelatihan Penggunaan SIAKAD dan E-Learning, yang digelar pada Sabtu, 4 September 2021 kemarin.

Dalam pelatihan ini, Ketua Program Studi Bahasa dan Satra Arab, Dr. Abdul Basid, SS., M. Pd.  dan stafnya, Khoirul Anas, SS. berikan panduan kepada 148 mahasiswa baru Prodi Bahasa dan Sastra Arab untuk menggunakan eplikasi e-learning Universitas dalam menempuh perkuliahan semester ini.

Terdapat dua pinanti yang digunakan selama perkuliahan berlangsung yakni menggunakan SIAKAD dan E-learning. Fungsi dari 2 pinanti tersebut sebagai wadah pengumpulan tugas dan informasi selama masa perkuliahan berlangsung.

Tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru ketika perkuliahan berlangsung selama masa pandemi, memberikan simulasi penggunaan siakad  dan memberikan informasi terkait dengan platfrom e-learning dan fitur-fiturnya .

Kendala yang sering dihadapi mahasiswa dalam perkuliahan daring, seringkali disebabkan jaringan sinyal yang tidak stabil, mengingat mahasiswa Prodi BSA berasal dari daerah yang bermacam-macam.  “Banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengakses SIAKAD dan E-Leraning dikarenakan gangguan sinyal dan perangkat yang digunakan. Oleh karena itu, kami akan mengadakan simulasi tahap ke-dua setelah tahap pertama selesai” tutur Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab. [SR]

 

Read 47 times Last modified on Selasa, 07 September 2021 15:14
Share
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…