idaren

Wujudkan Green Campus, Humaniora Terapkan Layanan Administrasi Akademik Berbasis Paperless

HUMANIORA - (13/01/2022) Dalam rangka mendukung program Green Campus UIN Malang, Fakultas Humaniora membuat kebijakan pelayanan administrasi akademik berbasis paperless. Kebijakan ini juga diambil untuk menjawab tantangan perubahan akibat kemajuan dunia digital dan teknologi.

"Ada perubahan perilaku masyarakat dari mobilitas bersifat fisikal menjadi virtual. Pelayanan administrasi harus bisa menjawab perubahan perilaku itu," tegas Dekan Fakultas Humaniora saat ditemui di kantornya.

Disamping itu, kebijakan administrasi akademik berbasis paperless ini dapat mengurangi limbah kertas dan secara finansial dapat menghemat biaya.

Terdapat dua jenis pelayanan administrasi akademik berbasis paperless ini. Dalam konteks pelayanan administrasi akademik kepada mahasiswa, Humaniora membuka sistem pelayanan online untuk beberapa jenis persuratan, seperti surat keterangan mahasiswa aktif, kelakukan baik, observasi dan izin penelitian, serta transkrip nilai sementara. Layanan ini dibuat dalam alamat khusus yang diletakkan pada laman website fakultas, disamping bisa diakses melalui handphone setiap mahasiswa.

Sementara untuk pelayanan administrasi akademik kepada dosen, Fakultas Humaniora memberikan pelayanan setiap informasi yang dikirim langsung melalui email institusi setiap dosen.

"Jadi, tidak ada lagi pemberitahuan surat dalam bentuk fisik. Termasuk juga SK pengampu matakuliah, jadwal dan informasi yang lain. Semua dikirim melalui email institusi masing-masing," jelas M. Faisol.

Kebijakan ini diberlakukan sejak akhir bulan Oktober pada tahun lalu (2021). Dengan kebijakan ini, diharapkan dapat mempercepat tersampaikannya informasi untuk meningkatkan budaya kerja dan pelayanan prima. [AII]

Read 53 times Last modified on Kamis, 13 Januari 2022 14:06
Share
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…