Hari Terakhir Program Energize Your Academic Writing, Muassomah: Peluang Kajian Linguistik dan Sastra Arab Terbuka di Jurnal Internasional

HUMANIORA – (19/1/2023) Program Energize Your Academic Writing memasuki hari terakhir, Kamis 19 Januari 2023. Sesi kali ini menghadirkan pakar penulisan artikel, Dr. Muassomah. Peserta yang hadir dalam sesi ini adalah dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Arab yang sedang menyelesaikan penulisan artikel yang diproyeksikan untuk jurnal internasional.

Baca juga:

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Muassomah memberikan motivasi kepada para peserta yang tergabung di meeting room lantai 2 Fakultas Humaniora. Ia mengatakan bahwa peluang kajian Bahasa dan sastra arab terbuka lebar untuk diterima dalam jurnal internasional.  

“Kajian linguistic dan sastra Arab sangat terbuka. Saat ini banyak kita jumpai jurnal yang scope nya di bidang Bahasa dan sastra Arab”, ujarnya.  

Selanjutnya, Wakil Dekan Bagian Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Fakultas Humaniora tersebut memaparkan teknik yang tepat dalam menentukan isu artikel. Menurutnya, artikel yang dilirik oleh jurnal internasional adalah yang transformatif, mengandung kontroversi, sedang menunjukkan trend, atau bahkan mengandung unsur genting (emergency). 

“Tidak harus semuanya terdapat dalam artikel kita, salah satu unsur saja, sudah cukup kita gunakan dalam menentukan isu”, tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Muassomah juga menegaskan pentingnya memahami komponen penulisan paragraf. Penulisan paragraph yang efektif menurutnya harus memenuhi Point sentence, Reasoning, Example, serta Concluding sentence. Ia juga mengajak para peserta untuk menyusun kerangka artikel berdasarkan pemenuhan struktur yang disyaratkan kebanyakan jurnal internasional, yakni  Introduction, Literature Review, Method, Results, Discussion, serta Conclusion.

Lebih jauh, Dr. Muassomah juga mengajak para peserta menilik puluhan jurnal internasional yang sesuai dengan focus and scope artikel yang ditulis para peserta. Diketahui, Sebagian bidang besar kajian para peserta yang mengikuti Program Energize Your Academic Writing adalah bidang linguistik dan sastra Arab.  Namun ada juga yang mengulas fenomena kebahasaan nusantara yang masuk pada kajian linguistic terapan.

Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Dr. Abdul Basid berharap melalui program pendampingan ini, semakin banyak dosen BSA yang mempunyai keterampilan menulis, serta mampu submit di jurnal internasional. “Semoga setelah pelatihan ini membawa dampak positif, dan semua bisa submit dan publish di jurnal internasional”, harapnya. [ai]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id