Writing Article for Scopus-indexed Journal, Mundi Rahayu Bagikan Tips Tembus Jurnal Scopus

HUMANIORA – (18/1/2023) Memasuki hari kedua Program Energize Your Academic Writing, Rabu 18 Januari 2023, kali ini para dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Arab mendapat pendampingan kepenulisan jurnal internasional. Hadir sebagai pemateri pada kegiatan tersebut, pakar artikel jurnal internasional Dr. Mundi Rahayu, M.Hum. Dosen Program Studi Sastra Inggris tersebut menyampaikan materi bertajuk Writing Article for Scopus-indexed Journal.

 Baca juga:

Di hadapan para peserta, Dr. Mundi menyampaikan pentingnya dosen mempunyai publikasi ilmiah, terlebih dimuat dalam jurnal internasional.  Selain sebagai tugas pokok dosen, menulis pada jurnal ilmiah merupakan kebutuhan profesi dan institusi. Publikasi internasional dari hasil penelitian di Indonesia juga akan menunjukkan posisi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di tanah air.

“Menulis artikel ilmiah adalah kebutuhan profesi sekaligus institusi. Semakin banyak publikasi internasional, semakin meneguhkan posisi kita secara akademik di dunia global,” tegas alumni doktoral Universitas Gadjah Mada tersebut.

Selanjutnya, Dr. Mundi menyampaikan pentingnya menyiapkan artikel yang berkualitas sebelum mengirimkan kepada pengelola jurnal internasioanal. Persiapan artikel bisa dilakukan dengan memahami terlebih dahulu karakter jurnal yang akan dituju. Menurutnya, memahami author guidelines merupakan hal yang harus dilakukan sebelum mengirimkan naskah artikel.

“Pahami terlebih dahulu jurnal tujuan. Templatenya, sitasinya, dan komponen kelengkapan yang doperlukan. Pengelola jurnal internasional biasanya sangat detail, terlebih masalah sitasi”, tegasnya.

Lebih lanjut, Dr. Mundi menyampaikan tips yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa jurnal internasional yang dituju masih dalam keadaan aktif. Dosen yang telah menghasilkan puluhan artikel internasional tersebut mengajak peserta untuk meninjau berbagai commercial publisher jurnal internasional terkemuka seperti Elsevier, Springer, Taylor & Francis, Wiley, Sage, Emerald, Brill, dan De Gruyter. Menurutnya, untuk mengetahui status jurnal Scopus, bisa dengan melihat Scopus Content Coverage jurnal tersebut. Selain itu, cite score rank and trend yang tinggi juga merupakan indikasi jurnal internasional yang berkualitas.

“Penting untuk memastikan jurnal Scopus yang kita tuju masih aktif, agar naskah kita tidak salah jurusan.”, tuturnya.

Para peserta mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan antusias. Pasalnya, Dr. Mundi dengan pengalamannya submit di berbagai jurnal internasional tak hanya mengajarkan teori, namun juga mengajak para peserta untuk menilik dan mengenal struktur jurnal internasional seperti judul, abstrak, pendahuluan, literature review, metode, hasil dan diskusi, kesimpulan, juga referensi yang efektif dan sesuai dengan tuntutan jurnal internasional. [al]

 

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id