Dosen Humaniora Briefing Mahasiswa Kampus Luar Kerjakan Tugas Akhir

HUMANIORA – (21/9/2022) Dosen Fakultas Humaniora diundang dalam Workshop Nasional yang diselengarakan oleh IAIN Palang Raya, pada hari Rabu tanggal 14 September 2022 dan hari Senin tanggal 19 September 2022. Dr. Abdul Basid, S.S., M.Pd yang juga merupakan Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab menjadi pemateri utama Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang digelar di Gedung Asma'ul Husna IAIN Palangka Raya.

Baca Juga:

Trik Jitu Tembus Jurnal Internasional, Begini Kata Dosen BSA

Sinta 2 Bagi Mahasiswa, Saatnya Menjadi Nyata

COACHING SKRIPSI: Kawal Mahasiswa Semester Kritis Selesaikan Tugas Akhir

 Acara yang diadakan secara daring ini diikuti oleh mahasiswa semester 5 dan 7 dari empat perguruan tinggi di Kalimantan, yaitu IAIN Palang Raya, Institut Agama Kristen Negeri Palang Raya, Institut Agama Hindu Palangka Raya, dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
basid palangka 2

Salah satu highlight penting yang disampaikan pemateri adalah dalam memproduksi karya ilmiah tidak perlu terlalu banyak memikirkan hal lain yang justru akan menjebak pada paradigmanya sendiri.

“Hanya perlu menulis, menulis, dan menulis bisa menjadi tindakan taktis  yang harus segera dilakukan.”, ujar Abdul Basid.

Lebih lanjut Abdul Basid menambahkan bahwa poin penting dalam membuat artikel yang bagus menata niat dan komitmen yang kuat. Sedangkan komponen penunjangnya adalah penguasaan piranti kepenulisan, mulai menulis dari permasalahan yang dekat dengan keseharian, kemudian dilanjutkan dengan membaca, meresume, dan menulis.

Di akhir materinya, pria yang telah berhasil menembus puluhan jurnal internasional tersebut  memberikan semangat kepada peserta pelatihan untuk tidak takut mensubmit tulisannya ke jurnal yang dituju. Persoalan diterima atau ditolak menjadi masalah yang dikesampingkan oleh setiap penulis, karena bisa jadi apa yang menurut kita tidak menarik akan menjadi sesuatu yang memikat bagi pihak pengelola jurnal.

“Submit saja tulisan yang sudah jadi. Urusan diterima-ditolak masalah kesekian”, tegasnya.basid palangka 1

Tak hanya sampai di sini, nantinya pelatihan kepenulisan akan dilanjutkan secara luring pada tanggal 18-19 September 2022 di IAIN Palangka Raya. [er]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id

Visitor

We have 329 guests and no members online