Raih Kesempatan Emas, Mahasiswa Humaniora Siap di-Coaching di IA Scholar Foundation

HUMANIORA – (1/08/2022) Tidak hanya dosen yang memiliki kesempatan untuk mengikuti kepelatihan profesional kepenulisan jurnal, kali ini mahasiswa Fakultas Humaniora siap dikirim ke IA Scholar Foundation Yogyakarta. Sebanyak 12 mahasiswa Fakultas Humaniora akan di-coaching secara langsung oleh Prof. Dr. Irwan Abdullah, Direktur IA Scholar Foundation dalam kepenulisan artikel ilmiah.

Keduabelas mahasiswa Fakultas Humaniora tersebut adalah para peserta yang lolos seleksi program khusus, Student Academic Enhancement yang dilaunching bulan Juli 2022 lalu. Student Academic Enhancement merupakan program peningkatan kapasitas akademik untuk mahasiswa Fakultas Humaniora. Fokusnya adalah peningkatan academic writing skills bagi mahasiswa. Pelatihan intensif ini sendiri akan dilakukan selama 5 hari mulai 31 Juli hingga 4 Agustus 2022.

Para peserta yang lolos seleksi program ini adalah mahasiswa Fakultas Humaniora aktif yang sedang studi di semester 2 dan 4. Enam peserta berasal dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, sedangkan enam peserta lain adalah mahasiswa Program Studi Sastra Inggris.

Mahasiswa yang mengikuti program Student Academic Enhancement ini mahasiswa memiliki kesempatan untuk lulus kuliah dengan tanpa melalui skripsi. Mahasiswa bisa lulus dengan cukup memublikasikan artikel ilmiah dalam jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional.

Sebagaimana yang dikatakan Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Halimi, M.Pd., kebijakan lulus sarjana dengan tanpa menulis skripsi merupakan salah satu program universitas yang sudah dituangkan dalam Pedoman Akademik Fakultas Humaniora. Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa  untuk lulus dengan memuplikasikan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi

“Kebijakan itu sudah diputuskan. Mahasiswa diberi pilihan untuk bisa lulus dengan cara memuplikasikan artikel ilmiah di jurnal bereputasi,” tegasnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Galuh Nur Rohmah, M.Pd., M.Ed. memandang program ini sebagai sarana pembinaan kemahasiswaan, yang mendukung grand desain Pola Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan Fakultas Humaniora. Ia mengucapkan selamat kepada semua mahasiswa yang lolos seleksi program ini, dan berharap mereka dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya.

"Selamat kepada para peserta program Student Academic Enhancement   yang lolos. Semoga kesempatan baik ini tidak disia-siakan. Saya berharap mereka menjadi inspirator bagi mahasiswa lainnya dalam menghasilkan karya ilmiah”, harapnya.

Labib, salah satu peserta yang lolos  program ini mengaku sangat bersyukur atas kesempatan yang ia peroleh. Ia mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Humaniora yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program yang sangat baik ini. Ia juga bertekad akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas.

“Saya sangat senang bisa lolos program ini. Terimakasih kepada Fakultas Humaniora atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghasilkan yang terbaik”, ungkapnya penuh semangat. [al]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id