Rombongan Satuan Bintal Jarahdam V Brawijaya Malang Kunjungi Humaniora

Humaniora – (28/7/2022) Rombongan dari Satuan Bintal Jarahdam V Brawijaya Malang mendatangi Fakultas Humaniora pada Rabu 27 Juli 2022. Mereka terdiri dari Mayor Sarto, Kapten Yudi, dan Lettu Muksin. Tujuan kedatangan mereka adalah mencari data tentang peran kiai dalam perjuangan Negara Repuplik Indonesia dari tangan para penjajah.

Rombongan ditemui secara langsung oleh Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M Faisol. Dalam pertemuan tersebut, Mayor Sarto selaku pimpinan rombongan menyatakan bahwa maksud dari kunjungannya adalah mencari data tentang peran kiai dalam membela bangsa Indonesia dari para penjajah.

Pelacakan data ini dilakukan atas perintah atasannya terkait dengan keberadaan komplek makam kiai yang ada di dalam wilayah asrama Gupusjat Sidoarjo. Sebanyak empat makam yang sering dikunjungi oleh masyarakat di markas asrama tersebut. Berdasarkan nama yang tertulis dalam batu nisan, semua tertulis kiai.

Diskusi berjalan santai dan cukup hangat. Dekan Fakultas Humaniora pun memaparkan data beberapa biografi kiai yang diduga memiliki keterkaitan silsilah dan jaringan dengan nama-nama yang tertulis di makam markas asrama Gupusjat Sidoarjo.

“Ini ada buku  Manaqib Ulama Nusantara yang ditulis oleh mahasiswa kami (Fakultas Humaniora, red). Ada beberapa nama kiai yang memiliki hubungan dengan data yang dicari,” jelas M Faisol di hadapan rombongan.

Sementara itu, Kapten Yudi salah satu rombongan yang ikut mengungkapkan harapannya, bahwa sejarah makam yang terdapat di dalam wilayah asrama Gupusjat Sidoarjo bisa segera terkuak. Pasalnya, makam akan dijadikan cagar budaya. Oleh karena itu, dibutuhkan data kuat yang dapat mendukungnya.

“Kita sudah paham kalau para kiai atau ulama telah ikut berjuang melawan kaum penjajah di negeri ini. Namun kita butuh data sejarah tentang nama-nama dalam makam ini untuk landasan akademiknya,” tukasnya.

Di ujung pertemuan Dekan Fakultas Humaniora menyatakan bahwa pihaknya sangat senang atas kehadiran rombongan. Dan pihaknya siap bekerjasama terkait dengan pelacakan data sejarah sejumlah tokoh yang dimaksud.

“Terima kasih atas kedatangannya, kami siap berkerjsama sama,” tegas Dekan Fakultas Humaniora.

Mayor Sarto juga menyatakan hal yang sama. Menurutnya, maksud kedatangan mereka semakin menemukan jalan terang. Mereka juga akan menggandeng Humaniora untuk menuliskan senarai sejarah tentang beberapa tokoh yang dimakamkan di dalam asrama Gupusjat Sidoarjo.

“Kami senang, terima kasih. Informasi yang disampaikan sangat membantu. Dan mohon kiranya Humaniora bisa terlibat dalam pelacakan sejarah tokoh ini,” tukasnya. [ai]

 

Jl. Gajayana 50 Malang 65144 - Jawa Timur - Indonesia

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy+1 (0341) 551354

  • dummy humaniora@uin-malang.ac.id