Sejarah

Fakultas Humaniora dan Budaya adalah salah satu fakultas yang berada di bawah payung Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang pendiriannya berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 50 tanggal 21 Juni 2004. Bermula dari sebuah Fakultas Tarbiyah, cabang IAIN Sunan Ampel Surabaya yang berdiri pada 1961, lembaga ini beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang pada pertengahan 1997, bersamaan dengan beralihnya status kelembagaan semua fakultas cabang di lingkungan IAIN se-Indonesia yang berjumlah 33 buah melalui Surat Keputusan Presiden No. 11 Tahun 1997. Dengan demikian, sejak saat itu pula STAIN Malang lepas dari IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Sejalan dengan perubahan Universitas, Fakultas Humaniora yang dulunya bernama  Fakultas Humaniora dan Budaya bercikal bakal dari Fakultas Sastra yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Dirjend Binbaga Islam Nomor: E/107/1998 tanggal 13 Mei 1998, juga bermula dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan Tadris Bahasa Inggris yang ada di bawah Fakultas Tarbiyah dan pada saat Universitas Islam Negeri Malang masih berstatus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dikembangkan menjadi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, sedangkan Tadris Bahasa Inggris berkembang menjadi Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris.

Ketika Kampus ini beralih nama menjadi Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS), sebagai implementasi kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Sudan dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI H. Hamzah Haz pada 21 Juli 2002, maka dikembangkanglah Fakultas Sastra, yang di dalamnya ada dua jurusan, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Sastra inilah yang menjadi cikal bakal dari Fakultas Humaniora dan Budaya yang penyelenggaraannya didasarkan pada SK DIKNAS Nomor: 811/D/T/2003 pada tanggal 16 April 2003.

Fakultas ini terletak di Jalan Gajayana 50, Dinoyo Malang di antara Fakultas-fakultas lain yang berada dalam naungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dengan lahan seluas 14 hektar, Sejak September 2005 Fakultas Humaniora dan Budaya melakukan mordernisasi diri secara fisik dengan membangun gedung rektorat, fakultas, kantor administrasi, perkuliahan, laboratorium, kemahasiswaan, pelatihan, olah raga, business center, poliklinik dan tentu masjid dan ma’had yang sudah lebih dulu ada, dengan pendanaan dari Islamic Development Bank (IDB) melalui Surat Persetujuan IDB No. 41/IND/1287 tanggal 17 Agustus 2004.

Memasuki tahun 2007, dua jurusan yang berada di naungan Fakultas Humaniora dan Budaya berhasil meraih akreditasi. Pertama,  Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, kemudian Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris mendapatkan akreditasi A (unggul) dan juga  jurusan Bahasa dan Sastra Arab yang terakreditasi A (unggul) dari BAN Akreditasi Departemen Pendidikan Nasional Jakarta. Sedangkan jurusan Pendidikan Bahasa Arab harus puas memperoleh akreditasi dengan peringkat B. Hal itu bisa dimaklumi mengingat  jurusan tersebut bisa dikategorikan sebagai jurusan yang baru berdiri.

Hingga tahun selanjutnya, Fakultas Humaniora dan Budaya ini memiliki 3 (tiga) Jurusan, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, dan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris serta Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Ciri khusus yang diharapkan oleh Universitas ini sebagai implikasi dari model pengembangan keilmuannya adalah keharusan bagi seluruh anggota sivitas akademika menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris. Melalui bahasa Arab, diharapkan mereka mampu melakukan kajian Islam melalui sumber aslinya yaitu al-Qur’an dan al-Hadis dan melalui bahasa Inggris mereka diharapkan mampu mengkaji ilmu-ilmu umum dan modern, selain sebagai piranti komunikasi global. Karena itu pula, Universitas ini disebut bilingual university. Diharapkan Fakultas Humaniora dan Budaya bisa menjadi pioner dalam merealisasikan ini.

Pada tanggal 27 januari 2009, Presiden Republik Indonesia, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono berkenan memberikan nama universitas ini dengan nama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Mengingat nama tersebut cukup panjang untuk, diucapkan, maka pidato dies natalis ke-empat, rektor menyampaikan singkatan nama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ini menjadi UIN Maliki Malang.

Pada tahun selanjutnya tepatnya tahun 2012, tiga jurusan Fakultas Humaniora dan Budaya, yang memasuki tahun kelima untuk visitasi akreditasi, benar-benar diuji untuk bisa mempertahankan status unggul yang dipegang oleh jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, serta Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, kemudian Jurusan PBA yang diharapkan bisa lebih baik dari perolehan sebelumnya. Alhasil, kedua jurusan tersebut yaitu BSA dan BSI berhasil mempertahankan status akreditasi A (unggul) mereka, sementara PBA masih tetap dengan status B.

Memasuki tahun selanjutnya yaitu, 2013. Fakultas pun tidak mau kalah dengan dua jurusannya yang berhasil meraih akreditasi A. Fakultas Humaniora dan Budaya pun berhasil meraih akreditasi A (unggul). Dan hal itu pun semakin melengkapkan eksistensi Fakultas Humaniora dan Budaya sebagai Fakultas yang berstatus unggul dengan jurusan yang berstatus unggul pula.

Setelah itu, ada sedikit perubahan yang terjadi pada Fakultas Humaniora dan Budaya. Melalui Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2013 tanggal 15 Maret 2013, tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Humaniora secara resmi telah berganti nama. Dalam peraturan yang ditandatangani oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Amir Syamsuddin di bagian ketiga, tentang Fakultas, paragraf I umum yang terkandung dalam pasal 10 tersebut, dijelaskan tentang nama-nama enam Fakultas yang berada di UIN Maliki, salah satunya Fakultas Humaniora dan Budaya yang diganti dengan Fakultas Humaniora. Dengan demikian, Fakultas tiga jurusan ini tidak akan menggunakan embel-embel nama ‘Budaya’ lagi dan hanya akan menggunakan nama ‘Humaniora’ saja.

Satu tahun kemudian, Fakultas Humaniora mengalami perubahan lagi yaitu, jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang selama beberapa tahun berada di bawah naungan Fakultas Humaniora, harus berpindah tang kejurusan lain. Dalam hal ini, PBA secara resmi meninggalkan Fakultas Humaniora untuk bergabung dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan.

Hingga saat ini, Fakultas Humaniora pun berkembang pesat dalam pengembangan ilmu ataupun peningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa. Selain itu, kerjasama dengan lembaga dan instansi lain pun juga sangat membantu eksistensi Fakultas ini, baik secara nasional hingga internasional. Terlebih, semakin banyaknya mahasiswa, khususnya dari luar negeri yang sangat antusias untuk belajar di Fakultas tiga jurusan ini.

Berikut Struktur Kepemimpinan di Fakultas Humaniora mulai masih berstatus STAIN (1997) kemudian berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang  adalah sebagaimana berikut:

Periode 1997-1998
Kaprodi Bahasa dan Sastra Arab        : Drs. KH. Chamzawi, M.HI
Kaprodi Bahasa dan Sastra Inggris        : Drs. H. Mudjia Raharjo, MSi

Periode 1998-2000
Kajur Bahasa dan Sastra Arab        : Drs. KH. Chamzawi, M.HI
Sekjur                        : H. Imam Muslimi, M.Ag
Kaprodi Bahasa dan Sastra Arab        : H. Imam Muslimi, M.Ag
Kaprodi Bahasa dan Sastra Inggris    : Drs. H. Dimyati Ahmadin, M.Pd

Periode 2000-2003
Kajur Bahasa dan Sastra Arab        : Drs. KH. Chamzawi, M.HI
Sekjur                        : Dra. Hj. Istiadah, MA
Kaprodi Bahasa dan Sastra Arab        : H. Isroqunnajah, M.Ag
Kaprodi Bahasa dan Sastra Inggris    : Dra. Syafiyah, MA

Periode 2003-2005
Pj. Dekan Sastra dan Bahasa        : Drs. KH. Chamzawi, M.HI
Pj Pembantu Dekan I            : Drs. H. Dimyati Ahmadin, M.Pd
Pj Pembantu Dekan II            : Dra. Istiadah, MA
Pj Pembantu Dekan III            : H. Imam Muslimin, M.Ag
Kajur Bahasa dan Sastra Arab        : Dra. Syafiyah, MA
Kajur Bahasa dan Sastra Inggis        : Drs. KH. Marzuki, M.Ag

Periode 2005-2007
Dekan Sastra dan Bahasa            : Dr. H. Dimjati Ahmadin, M.Pd
Pembantu Dekan I                : H. Imam Muslimin, M.Ag
Pembantu Dekan II                : Dra. Istiadah, MA
Kajur Bahasa dan Sastra Arab        : H. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag
Sekjur Bahasa dan Sastra Arab        : Dra. Umi Mahmudah., MA
Kajur Bahasa dan Sastra Inggis        : Dra. Hj. Syafiyah, MA
Sekjur Bahasa dan Sastra Inggris        : Dra. Siti Masitoh, M.Hum

Periode 2007 - 2009
Dekan Sastra dan Bahasa            : Dr. Dimjati Ahmadin, M.Pd
Pembantu Dekan I                : Drs. KH. Chamzawi, M.HI
Pembantu Dekan II                : Dra. Hj. Istiadah, MA
Pembantu Dekan III                : Drs. H. Imam Muslimin, M.Ag
Kajur Bahasa dan Sastra Arab        : H. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag
Sekjur Bahasa dan Sastra Arab        : Dra. Umi Mahmudah, MA
Kajur Bahasa dan Sastra Inggis        : Dra. Hj. Syafiyah, MA
Sekjur Bahasa dan Sastra Inggris        : Hj. Galuh Nur Rohmah, M.Pd.,M.Ed

Kajur Pendidikan Bahasa Arab        : Dr. Miftahul Huda, M.Ag
Sekjur Pendidikan Bahasa Arab        : H. Abdul Hamid, MA

Periode 2009 - 2013
Dekan Fak. Humaniora dan Budaya    : Drs. KH. Chamzawi, M.HI
Pembantu Dekan I                : Dr. H. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag
Pembantu Dekan II                : Dr. Istiadah, MA
Pembantu Dekan III                : Dra. Hj. Syafiyah, MA
Kajur Bahasa dan Sastra Arab        : Dr. Muzakki, MA
Sekjur Bahasa dan Sastra Arab        : M. Faisol, M.Ag
Kajur Bahasa dan Sastra Inggis        : Hj. Galuh Nur Rohmah, M.Pd.,M.Ed
Sekjur Bahasa dan Sastra Inggris        : Sri Muniroch, S.S., M.Hum.
Kajur Pendidikan Bahasa Arab        : Dra. Hj. Umi Mahmudah,
Sekjur Pendidikan Bahasa Arab        : H. Abdul Wahab Rosyidi, M.Pd.

Periode 2013 - 2017
Dekan Humaniora                : Dr. Hj. Istiadah, MA
Pembantu Dekan I                : Drs. H. Basri Zain, MA., P.hD
Pembantu Dekan II                : Dr. H. Muzakki, MA
Pembantu Dekan III                : Dra. Hj. Syafiyah, MA
Kajur Bahasa dan Sastra Arab        : M. Faisol, M.Ag
Sekjur Bahasa dan Sastra Arab        : Kholil, M.Fil
Kajur Bahasa dan Sastra Inggis        : Dr. H. Syamsuddin, M.Pd
Sekjur Bahasa dan Sastra Inggris        : Miftahul Huda, M. Pd

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id