Sastra Inggris

  • Written by Admin Humaniora
  • Hits: 86066
  • Print ,

Pendahuluan

Sastra Inggris merupakan jurusan yang dibuka oleh Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim malang yang penyelenggaraannya didasarkan pada Surat Keputusan Mendiknas Nomor: 811/D/T/2003 pada tanggal 16 April 2003. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 016/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012 memperoleh nilai akreditasi A dengan nama jurusan Sastra Inggris.

Tujuan diselenggarakannya Jurusan ini adalah untuk mempersiapkan dan mencetak sumberdaya manusia yang memiliki keluasan ilmu dan profesionalitas dalam bidang kebahasaan dan kesastraaan Inggris yang semakin penting di era global ini. Melalui pendidikan yang menggabungkan kedalaman dalam penguasaan ilmu agama dan pengetahuan yang berkembang dalam bidang kebahasaan dan kesastraan, diharapkan lulusan Jurusan Sastra Inggris ini memiliki kecakapan dan profesionalitas dalam bidang keilmuannya sekaligus memiliki kedalaman spiritul dan keluhuran akhlak.

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya Program Studi Sastra Inggris integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi internasional

Misi

  1. Mencetak sarjana sastra Inggris yang berakhlak ulul albab
  2. Menghasilkan sains sastra Inggris yang relevan dan budaya saing tinggi

Tujuan

  1. Memberikan akses pendidikan sastra Inggris yang lebih luas kepada masyarakat.
  2. Menyediakan sarjana sastra Inggris untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

Strategi

Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi sastra Inggris secara integratif yang berkualitas

Profil Lulusan

Lulusan Jurusan Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diharapkan menjadi ahli dan/atau praktisi bahasa dan sastra Inggris yang memiliki integritas keilmuan dan keagamaan serta mampu mengimplementasikan keterampilan dan pengetahuannya di bidang-bidang yang relevan dengan mengikuti kerangka berpikir ilmiah dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh sebab itu, profil utama lulusan adalah sebagai peneliti bahasa, kritikus sastra, konsultan bahasa/sastra Inggris, instruktur (tenaga pendidik) bahasa/sastra Inggris, penerjemah, pemandu wisata, dan jurnalis.

 

website: bsi.uin-malang.ac.id