Bahasa dan Sastra Inggris

Pendahuluan

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris merupakan Jurusan yang dibuka oleh Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim malang yang penyelenggaraannya didasarkan pada Surat Keputusan Mendiknas Nomor: 811/D/T/2003 pada tanggal 16 April 2003. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris telah memperoleh status terakreditasi dengan nilai “A” berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 013/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2007.

Tujuan diselenggarakannya Jurusan ini adalah untuk mempersiapkan dan mencetak sumberdaya manusia yang memiliki keluasan ilmu dan profesionalitas dalam bidang kebahasaan dan kesastraaan Inggris yang semakin penting di era global ini. Melalui pendidikan yang menggabungkan kedalaman dalam penguasaan ilmu agama dan pengetahuan yang berkembang dalam bidang kebahasaan dan kesastraan, diharapkan lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ini memiliki kecakapan dan profesionalitas dalam bidang keilmuannya sekaligus memiliki kedalaman spiritul dan keluhuran akhlak.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan  di bidang bahasa dan sastra Inggris yang memiliki kekokohan akidah, kedalaman spiritul, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam dalam mempersiapkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten di bidang ilmu bahasa dan sastra Inggris dan mampu mengaplikasikannya baik sebagai ilmu murni maupun ilmu terapan.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan kajian-kajian dalam upaya menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang bahasa, sastra Inggris, dan sastra Islam.
  4. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah sosial keagamaan dan memberikan layanan yang profesional kepada masyarakat yang menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang bahasa, ilmu bahasa dan  sastra Inggris, serta sastra Islam.
  5. Menjaga nilai-nilai relijius dan etika profesional-akademik dalam menyelenggarakan Jurusan.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual dan keluhuran akhlak yang tercermin dalam tingkah laku kehidupan sehari-hari.
  2. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis dengan baik dan benar.
  3. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang memahami secara mendalam tentang ilmu bahasa dan sastra Inggris sebagai suatu bidang kajian keilmuan.
    Menghasilkan Sarjana Humaniora yang menguasai metodologi kajian bahasa dan analisis sastra, dan mampu mengaplikasikanya untuk mengkaji, menganalisis dan mengapresiasi karya sastra Islam.
  4. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang secara profesional mampu memanfaatkan ilmu dalam bidang bahasa, baik sebagai ilmu murni maupun ilmu terapan.

Standar Kompetensi Lulusan

Sesuai dengan visi, misi, dan tujuan Jurusan, diharapkan  lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. memiliki integritas keagamaan dan keilmuan,
  2. menguasai ketrampilan berbahasa yang memadai sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya, dan peradaban,
  3. memiliki kedalaman ilmu bahasa dan sastra  Inggris,
  4. menguasai metodologi kajian bahasa dan analisis sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk mengkaji, menganalisis, dan mengapresiasi karya sastra Islam,
  5. mampu memanfaatkan kemampuan berbahasa dan penguasaan ilmu bahasa dan sastra untuk menekuni dan mengembangkan berbagai bidang profesi yang relevan, misalnya; bidang penelitian, perencanaan, dan pengembangan bahasa, bidang penerjemahan, bidang pengajaran, dan bidang pariwisata.

Kurikulum

  1. Kurikulum Jurusan bahasa dan sastra Inggris disusun berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan RI No. 232/U/2000 tentang pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Keputusan Menteri Agama No. 383 tahun 1997 tentang Kurikulum Nasional Program Strata Satu IAIN dan STAIN. Selain itu penyusunan kurikulum juga mengacu pada struktur keilmuan yang dikembangkan oleh Universitas Islam Negeri Malang yaitu suatu struktur keilmuan yang memungkinkan terjadinya integrasi antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.
    Pengembangan kurikulum Jurusan di dasarakan pada prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang menekankan  pada penguasaan standar kompetensi yang diperlukan dengan menggunakan beragam strategi pembelajaran aktif yang berpusat pada pembelajar dan memanfaatkan berbagai macam sumber belajar. Kompetensi yang  dikembangkan mengacu pada penguasaan kompetensi bidang ketrampilan dan  keilmuan yang dikembangkan oleh Jurusan, yaitu penguasaan ketrampilan berbahasa Inggris dan penguasaan substansi ilmu bahasa dan Sastra Inggris, serta penguasaan metodologi analisis bahasa dan sastra Inggris/Di samping itu, sebagai realisasi dari  komitmen keislaman yang dikembangkan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab telah memperoleh status terakreditasi dengan nilai “A” berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 013/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2007.
  2. Dalam kurikulum Jurusan juga  dikembangkan kompetensi penguasaan dasar ilmu-ilmu keislaman sebagai landasan pengembangan kepribadian, keilmuan dan profesionalisme.
  3. Secara global struktur kurikulum Jurusan bahasa dan sastra Inggris diklasifikasikan dalam lima kelompok matakuliah yang diarahkan untuk mengembangkan matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Matakuliah Kelimuan dan Ketrampilan (MKK), Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), Matakuliah Prilaku Berkarya (MPB), dan Matakuliah Berkeahlian Bermasyarakat (MBB).
  4. Kelompok matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dimaksudkan untuk memberikan kompetensi dasar ilmu-ilmu keislaman sebagai ciri khas dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta ilmu-ilmu lainnya yang menjadi landasan dalam pengembangan kepribadian dan pendasaran bagi pengembangan keahlian di bidang ilmu kebahasaan dan kesusasteraan Inggris. Kelompok mata kuliah ini diberikan sejumlah 51 SKS.
  5. Kelompok Matakuliah Kelimuan dan Ketrampilan (MKK) bertujuan untuk memberikan kompetensi dasar ketrampilan berbahasa Inggris dan keilmuan kebahasaan dan kesusateraan Inggris sebagai dasar bagi pengembangan kemampuan profesional akademik. Pada kelompok mata kuliah pengembangan kompetensi utama terdapat dua konsentrasi, yakni konsentrasi Linguistik dan konsentrasi kesusasteraan. Kelompok  matakuliah ini diberikan sejumlah 103 SKS, yang terdiri dari 91 SKS MKKU umum dan 12 SKS MKKU konsentrasi, baik konsentrasi linguistik maupun kesusasteraan.
  6. Kelompok Matakuliah Prilaku Berkarya (MPB) diberikan sebagai pendukung kompetensi utama sebagai upaya mengantisipasi tuntutan perkembangan dunia profesi, serta untuk memberikan kompetensi dasar ilmu-ilmu lain yang mendukung pengembangan life skill.
  7. Kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) bertujuan agar mahasiswa menguasai konsep dasar ilmu Linguistik terapan dan Ilmu Sastra, dan mampu mengkaji dan menganalisa fenomena bahasa dan mengapresiasi karya sastra.
  8. Kelompok Matakuliah Berkeahlian Bermasyarakat (MBB) bertujuan agar mahasiswa mampu mengaplikasikan Ilmu Bahasa dan Sastra di tengah masyarakat.

Laman resmi http://bsi.uin-malang.ac.id

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id