Bahasa dan Sastra Inggris

  • Hits: 58050

Pendahuluan

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris merupakan Jurusan yang dibuka oleh Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim malang yang penyelenggaraannya didasarkan pada Surat Keputusan Mendiknas Nomor: 811/D/T/2003 pada tanggal 16 April 2003. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 016/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012 memperoleh nilai akreditasi A dengan nama jurusan Sastra Inggris.

Tujuan diselenggarakannya Jurusan ini adalah untuk mempersiapkan dan mencetak sumberdaya manusia yang memiliki keluasan ilmu dan profesionalitas dalam bidang kebahasaan dan kesastraaan Inggris yang semakin penting di era global ini. Melalui pendidikan yang menggabungkan kedalaman dalam penguasaan ilmu agama dan pengetahuan yang berkembang dalam bidang kebahasaan dan kesastraan, diharapkan lulusan Jurusan Sastra Inggris ini memiliki kecakapan dan profesionalitas dalam bidang keilmuannya sekaligus memiliki kedalaman spiritul dan keluhuran akhlak.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi program studi terkemuka dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan Sarjana Sastra Inggris yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, serta menjadi pusat pengembangan ilmu bahasa dan sastra Inggris yang berbasis integrasi Islam dan sains untuk mendorong kemajuan masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran profesional berbasis nilai-nilai Islam dan etika akademik untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang bahasa dan sastra Inggris, baik sebagai sebagai ilmu murni maupun ilmu terapan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan kajian ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan di bidang bahasa dan sastra Inggris berperspektif Islam.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan profesional berbasis ilmu humaniora.

Tujuan

Jurusan Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana di bidang bahasa dan sastra Inggris yang:

  1. Memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
  2. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.
  3. Memiliki pemahaman mendalam mengenai teori bahasa dan sastra Inggris, baik sebagai ilmu murni maupun terapan.
  4. Menguasai metodologi penelitian bahasa dan sastra, serta mampu mengaplikasikannya untuk mengkaji gejala kebahasaan dan melakukan kritik sastra.
  5. Mampu mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan bahasa dan sastra Inggris yang dimiliki pada bidang-bidang profesi yang relevan.
  6. Mampu memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pengembangan dan diseminasi ilmu bahasa dan sastra Inggris.

Profil Lulusan

Lulusan Jurusan Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diharapkan menjadi ahli dan/atau praktisi bahasa dan sastra Inggris yang memiliki integritas keilmuan dan keagamaan serta mampu mengimplementasikan keterampilan dan pengetahuannya di bidang-bidang yang relevan dengan mengikuti kerangka berpikir ilmiah dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh sebab itu, profil utama lulusan adalah sebagai peneliti bahasa, kritikus sastra, konsultan bahasa/sastra Inggris, instruktur (tenaga pendidik) bahasa/sastra Inggris, penerjemah, pemandu wisata, dan jurnalis.

Kurikulum

Berdasarkan hasil kajian terhadap: (1) Peraturan Mendikbud Nomor 49 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi, khususnya mengenai capaian pembelajaran lulusan dalam KKNI; (2) Surat Keputusan Mendiknas Nomor 045/U/2002 tentang Elemen Kompetensi; (3) Tujuan Pendidikan sebagaimana digariskan oleh UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together; dan (4) Visi dan Misi Prodi yang paralel dengan Visi dan Misi Fakultas, maka Tim Perumus memutuskan bahwa Kurikulum Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun 2015 mencakup beberapa elemen sebagai berikut:

  1. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) = 34 sks
  2. Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) = 70 sks
  3. Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) = 36 sks
  4. Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) = 6 sks
  5. Matakuliah Berkeahlian Bermasyarakat (MBB) = 4 sks

Jumlah Beban SKS yang wajib ditempuh = 150 sks

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id