Profil

Suasana Kampus

Melihat sekililing kampus UIN Maliki Malang, tentu kita akan melihat berbagai macam hal yang bisa kita gunakan, baik itu fasilitas kampus ataupun suasana kampus yang menjadi ciri khas dan icon UIN yang membedakannya dengan kampus-kampus lain. Berikut beberapa suasana kampus yang bisa kita lihat disekitar kampus.

Perpustakaan


Kampus UIN Maliki Malang mempunyai banyak kolek buku yang tersedia di perpustakaan pusat. Hingga saat ini, lebih dari 50.000 buah buku ada di rak perpustakaan UIN. Selain itu, tersedia juga berbagai jurnal dari berbagai macam bahasa, baik Indonesia, Melayu, Inggris, dan juga Arab. Jumlah tersebut tentu sangatlah banyak mengingat di setiap Fakultas di UIN juga mempunyai perpusatakaan.  Perpusatakaan pusat ini juga menyimpan berbagai hasil penelitian yang dilakukan leh sivitas akademik UIN, baik mahasiswa ataupun dosen, ada juga hasil tugas akhir mahasiswa berupa skripsi dan thesis, serta majalah dan koran nasional maupun international. Perpustakaan ini juga dilengkapi sistem digital, yang artinya semua koleksi yang ada di perpustakaan bisa diakses oleh siapapun secara online. Penggunaan sistem digital ini telah membuat perpusatakaan UIN sebagai salah satu universitas yang mempunyai perpustakaan modern.

Laboratorium


Jumlah laboraorium yang ada di UIN Maliki ada sekitar 60 ruangan, dan kesemuanya itu merupakan laboratorium modern dan memiliki fasilitas penunjang yang mumpuni. 60 laboratorium tersebut tersebar di delapan Fakultas, termasuk di Fakultas Humaniora yang mempunyai Laboratorium Bahasa dan Multimedia. Lab tersebut merupakan fasilitas yang bisa dimanfaatkan mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan akademik mereka, baik yang bersifat kebahasaan, keislaman, ataupun sains.

Ruang Kelas


Ruang kelas yang disediakan oleh kampus UIN Maliki untuk para mahasiswa, merupakan ruang kelas yang standard untuk kegiatan belajar mengajar. Terlebih, semua kelas yang ada di kampus ini dilengkapi dengan LCD proyektor yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan dosen untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Selain itu, lingkungan wifi are juga membantu mahasiswa dalam kegiatan belajar dengan didukung fasilitas internet yang mereka bisa akses ketika berada di dalam kelas.

Gedung Perkantoran


Ketika memasuki UIN, jangan kaget jika kalian melihat berbagai macam gedung yang besar yang berjajar rapi dan menjulang tinggi. Selain gedung yang digunakan untuk kegiatan kuliah, gedung-gedung tersebut merupakan perkantoran. Untuk gedung pusat yang menjadi kantor utama kampus UIN adalah kantor rektorat yang berada di depan, kemudian ada gedung perpustakaan, fakultas, perkuliahan, sport center, hingga Ma’had.

Unit Kegiatan Mahasiswa


Unit kegiatan mahasiswa atau yang lebih serign dikenal dengan UKM merupakan organisasi inter kampus yang ada di UIN. UKM tersebut merupakan salah satu penunjang bagi para mahasiswa sebagai wadah kreatifitas dan minat mahasiswa dalam berbagaia kegiatan kemahasiswaan di luar jam kuliah. Pusat UKM ini terdapat di gedung Sport Center. Adapun UKM yang tersedia di kampus UIN adalah Komedi Kontemporer, Pencak Silat, Tae Kwon Do, Penelitian, Jurnalistik, Jebret Club, Radio, Music, Seni Religius, dan juga berbagai macam olahraga.

Pusat Bahasa

Kampus UIN Maliki memiliki suatu institusi yang fokus dalam pengembangan kebahasaan, khususnya bahasa Arab dan juga Inggris. Institusi ini memberikan layanan kepada mahasiswa berupa pengayaan bahasa, baim speaking, writing, hingga test TOEFL. Institusi ini mempunyai dua program utama, yaitu Program Pembelajaran Bahasa Arab (PPBA) serta Program Pengembangan Bahasa Inggris (PPBI). Kedua program merupakan program wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa selama dua tahun yaitu, pada semester satu hingga empat. Hal tersebut merupakan upaya dari kampus UIN untuk menjadi bilingual university dan juga sebagai pembeda dari universitas lain di Indonesia.

Bisnis Center

UIN mempunyai pusat bisnis sebagai salah satu penghasilan yang dikelola oleh orang UIN sendiri. Tempatnya pun strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat, harganya pun bisa dikatakan lebih murah diabndingkan dengan toko-toko lainnya. Dalam menjalankan bisni ini, pihak kampus mengelolanya secara profesional dan transparan. Adapun yang menjadi penjualan dari pusat bisnis ini berupa food cour/kantin, mini market, dan juga toko buku.

Wi-fi Network

Hampir semua wilayah di sekita kampus, baik itu kelas ataupun di luar kelas, semuanya didukung oleh jaringan wifi. Hal tersebut dimaksudkan agar para mahasiswa dan juga dosen bisa lebih mudah untuk mengakses sumber-sumber pembelajaran. Mahasiswa yang ingin menggunakan fasilitas ini cukup memakai Kode Akses masuk kuliah serta Nomor Induk Mahasiswa mereka sebagai password.

Poliklinik

Kampus UIN Maliki mempunyai poliklinik yang berfungsi sebagai pelayanan kesehatan bagi para mahasiswa, karyawan, dan juga dosen. Mereka bisa memanfaatkan tempat tersebut jika ada masalah dengan kesehatan, terlebih poliklinik tersebut juga dilengkapi fasilitas yang mumpuni, seperti laboratorium, obat-obatan, ruang pasien, serta tidak lupa pula mobil ambulan yang selalu siap.

Percetakan

Bagi para penulis, baik itu dosen, karyawan, ataupun mahasiswa, tidak perlu khawatir jika ada kemauan untuk mencetak dan menerbitkan buku. UIN menyediakan sebuah percetakan yang memang khusus bergerak dalam bidang penerbitan, khususnya buku. Percetakan ini lebih sering dikenal dengan sebutan UIN Press.

Food Court

Para mahasiswa tidak perlu khawatir untuk masalah makanan dan juga minuman. Pasalnya, kampus UIN menyediakan food court dan juga koperasi yang memang dikhususkan oleh sivitas akademik UIN. Food Court menyediakan makan bagi siapapun yang ingin makan siang di kampus, sedangkan koperasi atau yang lebih sering dikenal dengan Kopma (Koperasi Mahasiswa) hanya menyediakn makan-makanan ringan sebagai camilan ataupun pengganjal perut.

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id